Sinergi Teknologi dan Pertanian: Inovasi Pemasaran Digital di P4S Tranggulasi sebagai Model Penguatan Ekonomi Petani

Authors

  • Eko Binti Lestari Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang
  • Rawuh Yuda Yuwana Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i3.128

Keywords:

P4S Tranggulasi, Digital Marketing, Young Farmers, Agricultural Extention, Techno,ogical Innovation

Abstract

Transformasi digital dalam sektor pertanian merupakan kebutuhan mendesak untuk meningkatkan daya saing produk dan memperluas akses pasar bagi petani. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan unit pemasaran digital di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Tranggulasi melalui pelatihan dan pendampingan berbasis partisipatif. Metode yang digunakan meliputi identifikasi kebutuhan, pelatihan digital marketing, pengembangan unit pemasaran, uji coba platform, dan monitoring keberlanjutan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam literasi digital petani, terbentuknya unit pemasaran digital, serta munculnya kolaborasi baru antarpetani. Penyuluh pertanian memegang peran kunci dalam mendampingi proses digitalisasi ini. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan kolaboratif dan kontekstual mampu menjadi model pemberdayaan pertanian yang adaptif terhadap era teknologi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, M., & Ramadhan, I. (2022). Peran penyuluh pertanian dalam penguatan kapasitas petani di era digital. Jurnal Komunikasi Pertanian, 15(1), 45–56.

Estrella, M., & Gaventa, J. (1998). Who counts reality? Participatory monitoring and evaluation: A literature review. Institute of Development Studies (IDS).

Gunawan, A., & Suradika, D. (2020). Pendekatan CBPR dalam pengabdian kepada masyarakat. Jurnal Aksioma, 21(1), 33–42.

Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.

Krueger, R. A., & Casey, M. A. (2015). Focus groups: A practical guide for applied research (5th ed.). SAGE Publications.

Lestari, E. B., & Yuwana, R. Y. (2023). Empowering women farmers through agricultural extension approach focusing on gender equality and sustainability. Acceleration: Multidisciplinary Research Journal, 1(03), 136-146.

Lestari, E. B., Ngatimin, P., & Yuwana, R. Y. (2023). Pengembangan Model Pelatihan dan Pendampingan Berbasis Online untuk Meningkatkan Keterampilan Pertanian Organik. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15-20.

Minkler, M., & Wallerstein, N. (2011). Community-based participatory research for health: From process to outcomes (2nd ed.). Jossey-Bass.

Sukardi. (2019). Pengembangan kelembagaan pertanian berbasis teknologi informasi. Kementerian Pertanian RI.

Susanto, H., & Andriani, Y. (2021). Efektivitas metode coaching clinic dalam pemberdayaan digital UMKM. Jurnal Pengabdian Digital, 3(2), 66–75.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Lestari, E. B., & Yuwana, R. Y. (2024). Sinergi Teknologi dan Pertanian: Inovasi Pemasaran Digital di P4S Tranggulasi sebagai Model Penguatan Ekonomi Petani. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 182–186. https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i3.128

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.