Peningkatan Keterampilan Literasi di Merauke: Program Baca-Tulis untuk Anak-Anak Pedesaan

Authors

  • Rawuh Yuda Yuwana Universitas Musamus Merauke

DOI:

https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i1.84

Keywords:

Literacy, Reading and writing, Rural children, Merauke, Education

Abstract

Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi baca-tulis di kalangan anak-anak pedesaan di Merauke, yang masih mengalami kesenjangan akses terhadap pendidikan berkualitas. Melalui pendekatan partisipatif, program ini melibatkan guru, orang tua, dan komunitas lokal dalam pelaksanaan kegiatan literasi yang dirancang untuk menumbuhkan minat baca dan meningkatkan kemampuan menulis anak-anak. Kegiatan yang dilakukan mencakup penyediaan bahan bacaan yang relevan, pelatihan bagi para guru dan relawan, serta sesi membaca dan menulis yang interaktif. Hasil awal menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan literasi anak-anak, serta meningkatnya kesadaran komunitas akan pentingnya pendidikan literasi. Program ini diharapkan dapat menjadi model yang berkelanjutan dan dapat direplikasi di daerah pedesaan lainnya di Indonesia.

References

Badan Pusat Statistik. (2022). Profil Kesejahteraan Rakyat Indonesia 2022. Jakarta: BPS.

Jannah, I. W. T., & Yuwana, R. Y. (2024). Optimalisasi Pendidikan Islam di Kuttab: Strategi untuk Meningkatkan Pemahaman Anak-Anak terhadap Nilai-Nilai Islam. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 86-91.

Lestari, E. B., Ngatimin, P., & Yuwana, R. Y. (2023). Pengembangan Model Pelatihan dan Pendampingan Berbasis Online untuk Meningkatkan Keterampilan Pertanian Organik. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15-20.

Mulyadi, A. (2021). Pengaruh Program Literasi terhadap Kemampuan Baca-Tulis Anak di Daerah Terpencil. Jurnal Pendidikan, 15(3), 45-59.

Pertiwi, S. A., & Yuwana, R. Y. (2023). High School Students Perceptions: Inspiring and Uninspiring Teachers’ Interpersonal Communication (IPC) in TEFL. Journal on Education, 5(4), 13249-13256.

Pertiwi, S. A., & Yuwana, R. Y. (2024). THE IMPLEMENTATION OF CLIL FOR YOUNG LEARNERS: A PRISMA SYSTEMATIC REVIEW. Acceleration: Multidisciplinary Research Journal, 2(02), 77-85.

Rahman, F., Syam, S., & Hidayat, S. (2020). Peran Komunitas dalam Meningkatkan Literasi Anak: Studi Kasus di Desa-desa Terpencil. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 22(1), 78-92.

Sukardi, M. I., & Yuwana, R. Y. (2017). Iklan dan film sebagai solusi penunjang penanaman minat membaca usia dini.

Yuwana, R. Y., Ningrum, S. T., Pertiwi, S. A., Wakerkwa, D. A. P., Indriyani, N., Jakob, J. C., ... & Lestari, S. (2024). Integrasi Bahasa dalam Dunia Pendidikan. PT Akselerasi Karya Mandiri, 240-240.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Yuwana, R. Y. (2024). Peningkatan Keterampilan Literasi di Merauke: Program Baca-Tulis untuk Anak-Anak Pedesaan. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 109–112. https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i1.84