Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Pendekatan Kreatif: Implementasi Program Kampus Mengajar di Distrik Okaba

Authors

  • Rawuh Yuda Yuwana Universitas Musamus Merauke

Keywords:

Kampus Mengajar Mandiri, Literasi, numerasi, administrasi sekolah, teknologi pendidikan

Abstract

Program Kampus Mengajar Mandiri yang dilaksanakan di Distrik Okaba, Merauke, bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa, serta memperbaiki administrasi sekolah melalui pendekatan kreatif dan pemanfaatan teknologi. Program ini menggunakan metode mixed methods dengan desain eksploratori-sekuensial, yang melibatkan tes diagnostik, wawancara, observasi partisipatif, dan kuesioner untuk mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan literasi dan numerasi siswa, serta peningkatan efisiensi administrasi sekolah pasca intervensi. Selain itu, penerapan teknologi dalam administrasi sekolah dan pembelajaran berbasis kreatif terbukti meningkatkan motivasi siswa dan keterlibatan komunitas. Program ini berhasil menciptakan dampak positif pada kualitas pendidikan di daerah terpencil, meskipun menghadapi tantangan infrastruktur dan resistensi awal dari beberapa pihak. Keberlanjutan program membutuhkan penyediaan infrastruktur yang lebih memadai serta pendampingan berkelanjutan untuk guru dan tenaga administrasi.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Longman.

Braun, V., & Clarke, V. (2006). "Using thematic analysis in psychology." Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and Conducting Mixed Methods Research (3rd ed.). SAGE Publications.

Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). SAGE Publications.

Kemendikbudristek. (2022). Laporan Nasional: Indeks Pembangunan Literasi. Jakarta: Kemendikbudristek.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.

Rahmawati, S., & Santoso, H. (2019). "Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Daerah 3T." Jurnal Pendidikan Terpadu, 5(2), 67–75.

UNESCO. (2021). Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives. Paris: UNESCO Publishing.

Wijaya, A., Santoso, H., & Lestari, R. (2020). "Tata Kelola Administrasi Sekolah di Daerah Terpencil: Tantangan dan Solusi." Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 45–60.

Yuwana, R. Y. (2024). Peningkatan Keterampilan Literasi di Merauke: Program Baca-Tulis untuk Anak-Anak Pedesaan. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 109–112. https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i1.84

Downloads

Published

2024-12-04

How to Cite

Yuwana, R. Y. (2024). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Pendekatan Kreatif: Implementasi Program Kampus Mengajar di Distrik Okaba. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 158–164. Retrieved from https://e-publisher.my.id/index.php/ajpm/article/view/99