Penguatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta didik Sekolah Dasar di Merauke

Authors

  • Dwi Permatasari
  • Tyoma Risca Cahyati Purba
  • Hendrikus K. Asagi
  • Sri Ananda Pertiwi Musamus University

Keywords:

Kemampuan Literasi dan Numerasi, Siswa SD, Kawasan 3T Papua

Abstract

 

Literasi dan numerasi adalah pondasi bagi setiap insan yang esensial diperkenalkan sejak usia dini. Kegiatan ini berfokus pada pendampingan dan pengajaran Baca Tulis dan Hitung (Calistung) pada peserta didik asli suku asli Papua di salah satu Sekolah Dasar di Merauke yang difasiltasi oleh program Kampus Mengajar Mandiri. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 27 September sampai dengan 16 Desember 2023, melibatkan 42 peserta didik mulai kelas 1 sampai dengan kelas 5. Kegiatan pendampingan dan pengajaran meliputi pengangajaran di dalam kelas, aktifasi perpustakaan, bimbingan khusus, dan kelas tambahan pada sore hari. Berdasarkan hasil kegiatan terdapat peningkatan pada nilai nilai pre-test dan post-test calistung peserta didik, pada kategori kelas rendah (kelas 1, 2, dan 3) dari nilai rata-rata tes penguasaan Calistung peserta didik yang awalnya 60,23 meningkat menjadi 83,92, sedangkan pada kategori kelas tinggi (kelas 4 dan 5) mengalami peningkatan nilai rata-rada dari 78,81 menjadi, 85,79. Tidak hanya itu, asfek afektif peserta didik turut menunjukkan perkembangan dalam hal imlementasi tata krama selama beraktivitas di lingkungan sekolah seperti senyum, salam dan sapa. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan pada peserta didik sekolah dasar terkhusus pelajar suku asli Papua di Merauke untuk dapat menguasai Calistung sejak dini.

References

Chang, Isabelle.(2023). Early numeracy and literacy skills and their influences on fourth-grade mathematics achievement: a moderated mediation model. An IERI – International Educational Research Institute Journal, Large-scale Assess Educ 11 (18), 1-22. Doi: https://doi.org/10.1186/s40536-023-00168-6

Fatonah, Nurul., Permana, Johar., & Syaodih, Ernawulan. (2023). Improving Numeracy Literacy Skills Of Elementary School Students Through The Kampus Mengajar(Kampus Mengajar)Program Policy. Jurnal Cakrawala Pendas, 9 (2), 298-308.Doi: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v9i2.4597

Pertiwi, Sri Ananda. (2023). Pengenalan Dasar-Dasar Bahasa Inggris pada Tingkat Sekolah Dasar di Merauke. Jerkin: Jurnal Pengabdaian Masyarakat dan Riset Pendidikan. 2(1) 76-79. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.121

Pratiwi, Inne Marthyane., Apriani, Lisna., & Pratama, Rinaldo Adi. (2020). Supporting The Numeracy Literacy Skills Of Elementary School Students. Journal of Mathematics and Science Teaching, 25 (2),55-60. Doi: https://doi.org/10.18269/jpmipa.v25i2.41718

Pratiwi, S. A., Nofikusumawati Peni, N. R., & Prabowo, A. (2024). Study On Literacy Numeracy Towards Students’ Logic Mathematics: A Literature Review. Numeracy, 11(1), 58-69. Doi: https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i1.2601

Rakhmawati, Y., & Mustadi, A. (2022). The circumstances of literacy numeracy skill: Between notion and fact from elementary school students.Jurnal Prima Edukasia, 10(1), 9-18. doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v10i1.36427

Ratnaya, I. G., Fitriani, S. N., Durasa, H., & Erlin, E. (2024). The Relationship Between Literacy and Numeracy Skills of Prospective Primary Education Teachers. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v14i1.12201

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Permatasari, D., Purba, T. R. C., Asagi, H. K., & Pertiwi, S. A. (2024). Penguatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta didik Sekolah Dasar di Merauke. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 136–142. Retrieved from https://e-publisher.my.id/index.php/ajpm/article/view/89