Membangun Perilaku Entrepreneur Mahasiswa Berbasis Digital untuk Pengembangan Bimbingan Belajar Happy Private Tangerang

Authors

  • Memet Casmat Universitas Terbuka
  • Mudayat Mudayat Universitas Terbuka
  • Trini Prastati Universitas Terbuka
  • Ruth Septina Verawati Gultom Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i2.81

Keywords:

Bimbingan Belajar, Berbasis Digital, Entrepreneur Mahasiswa

Abstract

Dengan mengembangkan Bimbingan Belajar Happy Private Berbasis Digital, program ini ditujukan untuk anak-anak PAUD dan SD dengan fokus pada tiga mata pelajaran utama: Menggambar, Matematika, dan Belajar Membaca, program ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan akademis dan keterampilan mahasiswa dalam mengelola bisnis bimbingan. Untuk mengetahui masalah yang dihadapi, kegiatan ini dimulai dengan melakukan survei dan wawancara dengan guru, orang tua, dan anak-anak untuk mengidentifikasi kebutuhan. Hasil menunjukkan bahwa materi pembelajaran dan kurikulum disusun dalam format digital interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. Teknik mengajar, penggunaan teknologi digital, dan pengembangan konten interaktif adalah topik pelatihan intensif yang diikuti oleh siswa yang terpilih sebagai tutor. Program dilaksanakan melalui platform digital yang memungkinkan pembelajaran interaktif. Sesi bimbingan belajar diadakan secara teratur dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan minat dan keinginan anak-anak untuk belajar. Untuk memastikan program berhasil, orang tua dilibatkan dalam proses pembelajaran. Metode evaluasi terdiri dari tes kemampuan anak sebelum dan sesudah program, serta umpan balik orang tua dan peserta. Hasil program menunjukkan bahwa kemampuan anak-anak dalam belajar membaca, menggambar, dan matematika telah meningkat secara signifikan. Peserta didik memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dan lebih termotivasi untuk belajar. Selain itu, siswa akan memperoleh pengalaman berharga dalam membangun keterampilan komunikasi, mengajar, dan kerja tim serta mengelola perusahaan bimbingan belajar digital. Program Bimbingan Belajar Happy Private Berbasis Digital memberikan dampak positif yang signifikan pada perkembangan akademik dan kemampuan bisnis siswa. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kemampuan entrepreneur siswa, institusi pendidikan lainnya dapat mengadopsi program seperti ini.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808.

Fauzi, L. M., Supiyati, S., & Rasidi, A. (2020). Workshop Distance Learning Di Masa Pandemic Covid 19. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2405.

Furkan, F., Sya, A., Purwanto, A., & Astra, I. M. (2021). Tantangan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3877– 3883. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.743.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. (2014). Cooperative Learning: Improving University Instruction by Basing Practice on Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3&4), 85-118.

Kayyis, R., & Khasanah, B. A. (2020). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Rumah pada Era Pandemi Covid-19. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52657/jbn.v4i1.1389.

Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Editing Video Bagi Guru SD untuk Menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586.

Kemdikbud. (2017). Modul Bimbingan Belajar PAUD. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.

Mujinem, M., Senen, A., Hidayati, H., & Sekar, P. (2021). Pelatihan Penyusunan Desain Pembelajaran Menyenangkan Terintegrasi IT dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh Guru Sekolah Dasar. PELITA: Jurnal Pelatihan dan Karya Ilmiah, 21(1), 68–75. https://doi.org/10.33592/pelita.v21i1.1130.

Tarmizi, H. (2008). Penerapan Metode Pembelajaran Matematika dengan Media Digital. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45-56.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Wulandari, S., & Pratama, R. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 89-98.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy: Jurnal Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732. Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan Konsep Matematis Bagi Guru Matematika Melalui Pelatihan Software Scilab Secara Daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3190.

Zhu, Z.-T., Yu, M.-H., & Riezebos, P. (2016). A research framework of smart education. Smart Learning Environments, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40561-016-0026-2.

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Casmat, M., Mudayat, M., Prastati, T., & Septina Verawati Gultom, R. (2024). Membangun Perilaku Entrepreneur Mahasiswa Berbasis Digital untuk Pengembangan Bimbingan Belajar Happy Private Tangerang. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 121–129. https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i2.81