Launching dan Talkshow Scholars’ Corner: Wadah Pembinaan dan Fasilitasi Belajar bagi Mahasiswa dalam Meraih Prestasi
DOI:
https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i1.115Keywords:
Scholars Corner, kelompok belajar, prestasi, kompetisiAbstract
Kegiatan pengabdian yang meliputi launching dan talkshow Scholars Corner sebagai kelompok belajar bertujuan untuk membina dan memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan prestasi mereka, khususnya di Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar. Scholars Corner diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kompetisi dan menciptakan ekosistem akademik yang kompetitif serta kolaboratif antara mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini dimulai dengan diskusi bersama HIMA Manajemen, pengumpulan data minat mahasiswa, sosialisasi program, pelaksanaan talkshow, dan diakhiri dengan launching Scholars Corner. Kegiatan ini diikuti oleh 449 peserta secara daring pada 23 Oktober 2024. Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada dosen tentang strategi pembimbingan prestasi nasional dan penyusunan proposal kompetitif, sementara mahasiswa belajar manajemen waktu, disiplin diri, dan pentingnya kolaborasi untuk menghasilkan karya berkualitas. Selain itu, kegiatan ini telah menginisiasi terbentuknya kelompok belajar mahasiswa yang didampingi dosen.
Downloads
References
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.
Daely, K., Sinulingga, U., & Manurung, A. (2013). Analisis Statistik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Saintia Matematika, 1(5), 483-494.
Hendikawati, P. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 27-35.
Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Jurnal EKSOS, 8(1), 19-25.
Suripah, S., Firdaus, F., & Novilanti, F. R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Terintegrasi Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 547-559.
Wenger, E. (1998). Communities of Practice: Learning, meaning, and identity. Cambridge, UK: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511803932
Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2022). Kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi mahasiswa pada perkuliahan daring. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-25.
Yadewani, D., Arief, M. L., & Mursalini, W. I. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Platform Sosial Media pada Era Digital terhadap Prestasi Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 15(4), 24-30.
Zimmerman, M. A. (2000). Empowerment theory: Psychological, organizational, and community levels of analysis. In J. Rappaport & E. Seidman (Eds.), Handbook of community psychology (pp. 43–63). New York, NY: Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4615-4193-6_3
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Yunasri Ridhoh, Indri Iswardhani, Nur Fadilah Ayu Sandira, Sri Astuti Nasir, Nulthazam Sarah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.