Launching dan Talkshow Scholars’ Corner: Wadah Pembinaan dan Fasilitasi Belajar bagi Mahasiswa dalam Meraih Prestasi

Authors

  • M. Yunasri Ridhoh Universitas Negeri Makassar
  • Indri Iswardhani Universitas Negeri Makassar
  • Nur Fadilah Ayu Sandira Universitas Negeri Makassar
  • Sri Astuti Nasir Universitas Negeri Makassar
  • Nulthazam Sarah Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i1.115

Keywords:

Scholars Corner, kelompok belajar, prestasi, kompetisi

Abstract

Kegiatan pengabdian yang meliputi launching dan talkshow Scholars Corner sebagai kelompok belajar bertujuan untuk membina dan memfasilitasi mahasiswa dalam meningkatkan prestasi mereka, khususnya di Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Makassar. Scholars Corner diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam kompetisi dan menciptakan ekosistem akademik yang kompetitif serta kolaboratif antara mahasiswa dan dosen. Kegiatan ini dimulai dengan diskusi bersama HIMA Manajemen, pengumpulan data minat mahasiswa, sosialisasi program, pelaksanaan talkshow, dan diakhiri dengan launching Scholars Corner. Kegiatan ini diikuti oleh 449 peserta secara daring pada 23 Oktober 2024.  Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada dosen tentang strategi pembimbingan prestasi nasional dan penyusunan proposal kompetitif, sementara mahasiswa belajar manajemen waktu, disiplin diri, dan pentingnya kolaborasi untuk menghasilkan karya berkualitas. Selain itu, kegiatan ini telah menginisiasi terbentuknya kelompok belajar mahasiswa yang didampingi dosen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Daely, K., Sinulingga, U., & Manurung, A. (2013). Analisis Statistik Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Saintia Matematika, 1(5), 483-494.

Hendikawati, P. (2013). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 27-35.

Riyani, Y. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak). Jurnal EKSOS, 8(1), 19-25.

Suripah, S., Firdaus, F., & Novilanti, F. R. E. (2022). Pengaruh Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Media Pembelajaran dan Metode Mengajar Dosen Terhadap Prestasi Mahasiswa Terintegrasi Nilai Karakter. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 547-559.

Wenger, E. (1998). Communities of Practice: Learning, meaning, and identity. Cambridge, UK: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/CBO9780511803932

Winata, R., Friantini, R. N., & Astuti, R. (2022). Kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi mahasiswa pada perkuliahan daring. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 18-25.

Yadewani, D., Arief, M. L., & Mursalini, W. I. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Platform Sosial Media pada Era Digital terhadap Prestasi Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 15(4), 24-30.

Zimmerman, M. A. (2000). Empowerment theory: Psychological, organizational, and community levels of analysis. In J. Rappaport & E. Seidman (Eds.), Handbook of community psychology (pp. 43–63). New York, NY: Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4615-4193-6_3

Downloads

Published

2025-04-10

How to Cite

Ridhoh, M. Y., Iswardhani, I., Sandira, N. F. A., Nasir, S. A., & Sarah, N. (2025). Launching dan Talkshow Scholars’ Corner: Wadah Pembinaan dan Fasilitasi Belajar bagi Mahasiswa dalam Meraih Prestasi . Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 197–204. https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i1.115