Implementasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan dalam Meningkatkan Kesadaran Berbangsa di Kelas X Sekolah Islam Athirah Makassar

Authors

  • Fediyatun Muntazarah Universitas Negeri Makassar
  • M. Yunasri Ridhoh Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Khaedir Universitas Negeri Makassar
  • Irfan Syafar Universitas Negeri Makassar
  • Sukri Badaruddin 5Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

DOI:

https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i1.119

Keywords:

:Wawasan Kebangsaan, Pendidikan Karakter Focus Group Discussion, Toleransi, Kesadaran Berbangsa

Abstract

Pendidikan wawasan kebangsaan memiliki peranan penting dalam membentuk karakter generasi muda yang berintegritas, cinta tanah air, dan memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X Sekolah Islam Athirah Makassar terhadap wawasan kebangsaan melalui metode Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan ini melibatkan 120 Siswa dan Berlangsung selama 1 Hari.  FGD dipilih sebagai pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini yang memungkinkan interaksi aktif, diskusi terbuka, serta refleksi terhadap nilai-nilai kebangsaan seperti persatuan, toleransi, tanggung sosial, dan cinta tanah air. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setelah mengikuti program ini, siswa mengalami peningkatan pemahaman mengenai implementasi nilai-nilai kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari. Selain  itu, kesadaran mereka terhadap pengaruh media sosial juga meningkat, sehingga mereka lebih kritis dalam menyaring informasi yang dapat memengaruhi sikap kebangsaan mereka. Melalui sesi Refleksi, siswa menyatakan bahwa mereka lebih memahami pentingnya kebhinnekaan serta memiliki kesadaran lebih tinggi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarisi, Salman., Sami'an, Assa'adah, Siti., Aulian., & Arob, Izul. (2023).Implementasi Wawasan Kebangsaan terhadap Pelajar untuk Meningkatkan Kepatuhan Peraturan Sekolah. ALADALAH: Jurnal Politik, Sosial, Hukum dan Humaniora, 1 (1), 213-226

Dewi, S. U. (2018). Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Pembelajaranpkn Di Tengah Arus Globalisasi. Jurnal El-Hamra: Kependidikan dan Kemasyarakatan, 3(3), 23-28.

Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 71 Tahun 2021 tentang Pedoman Pendidikan Wawasan Kebangsaan. Jakarta: Kemendagri

Leonard,R. (2023). Pendidikan Karakter dalam Konteks Wawasan Kebangsaan. Jurnal Pendidikan dan Kewarganegaraa, 5(2), 45-57.

Lobo, L., & Uf, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Wawasan Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air Di Smp Negeri Wini Kabupten Timur Tengah Utara Dalam Posisi Sebagai Wilayah Perbatasan Negara. Jurnal Kolaborasi, 4(3).

Nyoto, N., Nyoto, R. L. V., Renaldo, N., & Purnama, I. (2022). Peran Pemuda Mengisi Kemerdekaan Bangsa Melalui Pemantapan Wawasan Kebangsaan. JUDIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 65-73.

Republik Indoensia. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudyaan.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (2012). UUD 1945 dan Perubahannya. Jakarta: Sekretariat Negara Republik Indonesia

Widayanti, W. P., Armawi, A., & Andayani, B. (2018). Wawasan kebangsaan siswa sekolah menengah atas dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa (Studi pada siswa sekolah menengah atas (SMA) umum berasrama berwawasan nusantara, SMA umum di lingkungan militer dan SMA umum di luar lingkungan militer di kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah). Jurnal Ketahanan Nasional, 24(1), 1-26.

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Muntazarah, F., Ridhoh, M. Y., Khaedir, M., Syafar, I., & Badaruddin, S. (2025). Implementasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan dalam Meningkatkan Kesadaran Berbangsa di Kelas X Sekolah Islam Athirah Makassar. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 211–217. https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i1.119

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.