Intensive English Course kepada Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Merauke

Authors

  • Sri Ananda Pertiwi Universitas Musamus
  • Novi Indriyani Universitas Musamus
  • Dian Agustina Purwanto Wakerkwa Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.70210/ajpm.v1i2.32

Keywords:

Pengajaran Bahasa Inggris Intensif, Mahasiswa Tahun Pertama, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris

Abstract

Efektivitas pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kesiapan belajar di awal pembelajaran. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah sebagai bentuk upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran mahasiswa jurusan pendidikan Bahasa Inggris di Papua Selatan dalam hal pemahaman dasar-dasar Bahasa Inggris, selain itu untuk melihat faktor penyebab minimnya pemahaman Bahasa Inggris mahasiswa tahun pertama Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Papua Selatan. Kegiatan ini melibatkan 3 dosen berlatar belakang pendidikan Bahasa Inggris dan 40 mahasiswa tahun pertama jurusan pendidikan Bahasa Inggris pada salah satu Universitas di Papua Selatan. Tahapan dalam kegiatan ini adalah tes diagnosa, pengajaran Bahasa Inggris intensif, post-test, dan wawancara. Dari hasil ditemukan bahwa terdapat terdapat peningkatan pemahaman Bahasa Inggris mahasiswa tahun pertama dan beberapa penyebab minimnya pemamahan Bahasa Inggris mahasiswa: tingkat kehadiran guru dan siswa, metodde pengajaran,  faktor motivasi dan lingkungan belajar.

References

Anisa, Hiya. (2021). An Analysis of Factors Influencing the Students' Learning English Achievement. Journal of English Language and Education, Vol 6, No 2 (2021). https://doi.org/10.31004/jele.v6i2.160

Chairunnisa., Apriliaswati, Rahayu., & Rosnija, Eni. (2017). An Analysis on Factors Influencing Students' Low English Learning Achievement. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan. Vol 6, No 3 (2017)

Efriza,Reni,. Caska, Caska., & Makhdalena, Makhdalena.(2020). Analysis of Factors Affecting Student Learning Achievement of Social Sciences Subjects in Muhammadiyah Middle School Rokan Hulu Regency. Journal of Education Science, Vol 4, No 3: July 2020.

Lastri, Lastri., Kartikowati, Sri., & Sumarno, Sumarno. (2020). Analysis of Factors that Influence Student Learning Achievement. Journal of Educational Sciences. 4. 679. 10.31258/jes.4.3.p.679-693.

Pertiwi, S. A. (2023). Pengenalan Dasar-Dasar Bahasa Inggris pada Tingkat Sekolah Dasar di Merauke. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 76–79. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.121

Renandyam W.A. (2013). Essential Factors Affecting EFL Learning Outcomes. English Teaching, Vol. 68, No. 4, Winter 2013

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Sri Ananda Pertiwi, Novi Indriyani, & Dian Agustina Purwanto Wakerkwa. (2023). Intensive English Course kepada Mahasiswa Tahun Pertama Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Merauke. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 39–45. https://doi.org/10.70210/ajpm.v1i2.32