Pelatihan Penulisan Abstrak untuk Meningkatkan Kompetensi Ilmiah Mahasiswa

Authors

  • Diana Purwanto
  • Novi Indriyani Universitas Musamus
  • Sri Ananda Pertiwi Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i1.62

Keywords:

abstrak, artikel ilmiah, pelatihan penulisan abstrak, mahasiswa

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan penulisan abstrak artikel ilmiah kepada mahasiswa Universitas Musamus. Artikel ilmiah adalah salah satu jenis karya tulis yang harus dihasilkan oleh mahasiswa dan abstrak sebagai salah satu komponen penting adalah wajah artikel yang memberikan kesan awal bagi pembaca. Sayangnya sebagian besar dari mahasiswa belum paham akan struktur penulisannya. Peserta pelatihan adalah 27 mahasiswa Universitas Musamus dengan 3 orang dosen sebagai narasumber dan pelatih. Tahapan pelaksanaan pelatihan meliputi observasi, persiapan, pelatihan, dan evaluasi. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai aspek vital dari sebuah artikel dan juga mampu menulis abstrak dari artikel ilmiah. Dengan demikian kegiatan ini berhasil memberikan dampak positif yang signifikan bagi mahasiswa yang dapat memfasilitasi kebutuhan mereka dalam penulisan abstrak di kemudian hari.

References

Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan penulisan karya tulis (KTI) bagi guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(2), 249-266.

Gough, D., Oliver, S., & Thomas, J. (2017). Introducing systematic reviews. In Gough, D., Oliver, S., & Thomas, J. (Ed.), An introduction to systematic review (2nd ed., pp. 1-18). Los Angeles: Sage Publication Ltd.

Harris, M. J. (2006). Three steps teaching abstract and critique writing. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 17(2), 136-146.

Khasanah, U., Rahmawati, S., Fitriani., Nuzulla, A. F., Laksana, M. A. (2023). Mewujudkan kesadaran baru dan perubahan positif di komunitas mahasiswa melalui pelatihan menulis makalah ilmiah. Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4), 681-686.

Seran, W. A., Utomo, D. H., Handoyo, B. (2020). Pengaruh model pembelajaran outdoor study berbantuan video conference terhadap kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(2), 142-152.

Simkhada, P. (2013). Writing an abstract for a scientific conference. Kathmandu University Medical Journal, 43(3), 262-265.

Slameto. (2016). Penulisan artikel ilmiah hasil penelitian tindakan kelas. Scholaria, 6(2), 46-57.

Tullu, M. S. (2019). Writing the title and abstract for a research paper: Being concise, precise, and meticulous is the key. Saudi Journal of Anesthesia, 13, 12-17.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Diana Purwanto, Novi Indriyani, & Sri Ananda Pertiwi. (2024). Pelatihan Penulisan Abstrak untuk Meningkatkan Kompetensi Ilmiah Mahasiswa. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 102–108. https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i1.62