Pelatihan Kreatif dengan Lagu Anak untuk Pengenalan Kosa Kata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Kampung Koa
Abstract
Penguasaan bahasa Inggris telah menjadi kebutuhan mendasar dalam era globalisasi, termasuk di
daerah-daerah terpencil Indonesia. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan guru sekolah dasar di Kampung Koa, Distrik Animha, Kabupaten Merauke
dalam mengajarkan kosa kata bahasa Inggris melalui penggunaan lagu anak. Metode pelatihan yang
digunakan meliputi workshop, demonstrasi, dan pendampingan praktik mengajar. Hasil pelatihan
menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan
lagu sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Para guru mampu mengintegrasikan lagu anak
berbahasa Inggris ke dalam pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang lebih
menyenangkan. Kegiatan ini memberikan dampak positif dalam pengembangan metode pembelajaran
bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar di wilayah tersebut.
References
Dzanic, N. D., & Pejic, A. (2016). The effect of using songs on young learners and their motivation for learning English. NETSOL: New Trends in Social and Liberal Sciences, 1(2), 40-54. https://doi.org/10.24819/netsol2016.8
Kusuma, I. P. (2017). Implementing songs in teaching English for young learners. Journal of English Teaching and Research, 2(1), 47-56. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JETR/article/view/14647
Millington, N. T. (2011). Using songs effectively to teach English to young learners. Language Education in Asia, 2(1), 134-141. https://doi.org/10.5746/LEiA/11/V2/I1/A12/Millington
Ratminingsih, N. M. (2016). Efektivitas media audio pembelajaran bahasa Inggris berbasis lagu kreasi di kelas lima sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 27-38. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.4920
Şevik, M. (2012). Teaching listening skills to young learners through “Listen and Do” songs. English Teaching Forum, 50(3), 10-17. https://americanenglish.state.gov/resources/english-teaching-forum
Shin, J. K. (2017). Get up and sing! Get up and move! Using songs and movement with young learners of English. English Teaching Forum, 55(2), 14-25. https://americanenglish.state.gov/resources/english-teaching-forum
Sukenti, D., & Tambak, S. (2020). Developing Indonesian language learning assessments: Strengthening the personal competence and Islamic psychosocial of teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(1), 168-176. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i1.20580
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novi Indriyani, Marni Bawawa, Rezky Uspayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.