Sosialisasi Literasi Digital Sebagai Solusi Tantangan Akademik Mahasiswa Pekerja
DOI:
https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i1.137Keywords:
digital literacy, artificial intelligence, working students, higher education, academic challengesAbstract
Di era digital yang semakin kompleks, mahasiswa pekerja menghadapi tantangan ganda dalam menyeimbangkan tanggung jawab akademik dan pekerjaan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi literasi digital kepada mahasiswa pekerja, serta mengidentifikasi tantangan akademik yang mereka hadapi. Kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa tahap, dimulai dengan tahap persiapan, sosialisasi, latihan penggunaan aplikasi AI, dan diskusi. Sepuluh mahasiswa aktif dari Universitas Musamus Merauke yang bekerja penuh waktu menjadi peserta dalam kegiatan ini yang dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2025. Hasil sosialisasi menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa belum familiar dengan pemanfaatan aplikasi kecerdasan buatan (AI) untuk keperluan akademik, meskipun mereka menunjukkan kemampuan adaptasi yang cepat dalam penggunaannya. Temuan FGD mengungkapkan bahwa tatangan utama yang mereka hadapi meliputi manajemen waktu, beban tugas akademik, dan keterbatasan akses terhadap sumber referensi. Temuan ini menegaskan perlunya intervensi strategis berupa pelatihan literasi digital yang aplikatif dan berkelanjutan untuk memberdayakan mahasiswa pekerja.
Downloads
References
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Agustin, N. C., & Krismayani, I. (2019). Kemampuan literasi digital mahasiswa S-1 angkatan 2018 Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 94-107.
Balacuit, C. V., & Lopio, L. M. (2022). Working while studying: The academic challenges of working scholars. International Journal of Novel Research and Development, 7(6), 748-756.
Cope, B., & Kalantzis, M. (2000). Multiliteracies: Literacy learning and the design of social futures. Routledge.
Eshet, Y. (2004). Digital literacy: A conceptual framework for survival skills in the digital era. Journal of Educational Multimedia and Hypermedia, 13(1), 93-106.
Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan kecerdasan emosional pada pemilihan strategi coping pada mahasiswa yang bekerja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8(1), 39-56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1.2377
Fu, J. (2013). ICT in education: A critical literature review and its implications. International Journal of Education and Development Using Information and Communication Technology, 9(1), 112-125.
Head, A. J. (2013). Learning the ropes: How freshmen conduct course research once they enter college. Project Literacy Research Report.
Martin, A., & Grudziecki, J. (2006). DigEuLit: Concepts and tools for digital literacy development. Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer Sciences, 5(4), 249-267. https://doi.org/10.11120/ital.2006.05040249
Nonis, S. A., & Hudson, G. I. (2006). Academic performance of college students: Influence of time spent studying and working. Journal of Education for Business, 81(2), 151-159. https://doi.org/10.3200/JOEB.81.3.151-159
Pedroso, J. E. P., Aponte, K., Juanico, W. G., & Chiefe, R. (2023). A qualitative investigation of time management interventions for working students in the Philippines to balance academics and work. International Journal of Research Publication and Reviews, 4(7), 2317-2325.
Trowler, V. (2010). Student engagement literature review. York: The Higher Education Academy.
Tumin, T., Faizuddin, A., Mansir, F., Purnomo, H., & Aisyah, N. (2020). Working students in higher education: Challenges and solutions. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 4(1), 79-89. https://doi.org/10.35723/ajie.v4i1.108
Warschauer, M., & Matuchniak, T. (2010). New technology and digital worlds: Analyzing evidence of equity in access, use, and outcomes. Review of Research in Education, 34(1), 179-225. https://doi.org/10.3102/0091732X09349791
Wu, R., & Yu, Z. (2023). Do AI chatbots improve students learning outcomes? Evidence from meta-analysis. British Journal of Educational Technology, 55(1), 10-33. https://doi.org/10.1111/bjet.13334
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Agustina Purwanto Wakerkwa, Novi Indriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.