Pendampingan Administrasi Tuntas dengan Artificial Intelligence (ANASAI) untuk Mendukung Guru dalam Menghadapi Tantangan Kurikulum
DOI:
https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i1.122Keywords:
Administrasi Pembelajaran, Kecerdasan Buatan, Tantangan KurikulumAbstract
Perubahan kurikulum memberikan tantangan baru bagi guru, menuntut mereka untuk fokus pada pengembangan kompetensi siswa sekaligus menyelesaikan tugas administrasi secara efisien. Pendampingan Administrasi Tuntas dengan AI (ANASAI) dirancang untuk membantu guru memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam menyederhanakan pekerjaan administratif, sehingga mereka dapat lebih fokus pada pembelajaran, PKM pendampingan anasai ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Kabupaten Merauke dengan 27 guru yang bersedia mengikuti kegiatan hingga selesai. Artikel ini membahas pelaksanaan program pendampingan Anasai, meliputi identifikasi kebutuhan guru, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi keberhasilan program. digunakan metode evaluasi pada perubahan persepsi dan kompetensi guru pasca kegiatan. Hasilnya menunjukkan bahwa guru merasa lebih percaya diri dalam menggunakan Anasai, dan mampu meningkatkan efisiensi administrasi pembelajaran. Program ini juga memberikan kontribusi terhadap kesiapan guru dalam menghadapi tantangan perubahan kurikulum.
Downloads
References
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses Di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Saputra, T., & Serdianus, S. (2023). Peran Artificial Intelligence ChatGPT dalam Perencanaan Pembelajaran di. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 3(1), 1–18.
Simbiak, Y. V. . R., Tambingon, H. N., Rawis, J. A. M., & Mangantes, M. L. (2022). Peranan Guru Dalam Administrasi Layanan Pada Suatu Pendidikan Yousania. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 882–889.
Sumantri, I. (2021). Penyusunan Administrasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 74–78. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimaspen/article/view/1770
Suryokta, E., Taruklimbong, W., & Sihotang, H. (2023). Peluang dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26745–26757.
Susanti, W. F., Jannatuzzahra, K., Kartika, A. D. P., & Mukaromah, S. (2023). Upaya Dalam Mengurangi Kesenjangan Digital Pada Penerapan Smart Village. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 334–343. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.336
UNICEF. (2021). Analisis Situasi Untuk Lanskap Pembelajaran Digital Di Indonesia. Quicksand Design Studio Pvt. Ltd., 1–131. https://www.unicef.org/indonesia/media/13421/file/Analisis Situasi untuk Lanskap Pembelajaran Digital di Indonesia.pdf
Yohanes, R. A., Rapsanjani, H., & Fredy, F. (2023). PENDAMPINGAN SATU GURU SATU MEDIA PEMBELAJARAN ( SAGU SEP ) BERBASIS PROGRAMMING DENGAN PENDEKATAN. 1(2), 32–38.
Yohanes, R. A., Rapsanjani, H., & Fredy, F. (2024). PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 214–225. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.17787
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rizki Adri Yohanes, Hafsemi Rapsanjani, Fredy, My Ismail, Haerul Amri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.