Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris melalui Lagu Anak-Anak di Sekolah Dasar Kampung Koa, Distrik Animha, Kabupaten Merauke, Papua Selatan
Keywords:
children's songs, vocabulary, English, elementary schoolAbstract
Penelitian ini mengkaji implementasi program pembelajaran bahasa Inggris melalui lagu untuk siswa sekolah dasar di Kampung Koa, Distrik Animha, Papua Selatan. Lokasi yang terpencil dengan keterbatasan fasilitas pendidikan menjadi tantangan utama dalam penyelenggaraan pendidikan bahasa Inggris. Program ini melibatkan 30 siswa dari kelas 4-6 SD YPPK Koa selama tiga bulan. Menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis lagu dan Total Physical Response (TPR), program ini berhasil meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa sebesar 65%, dari rata-rata nilai 45,3 menjadi 74,8. Evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam berbagai kategori kosa kata, dengan peningkatan tertinggi pada pembelajaran anggota tubuh (85%) dan terendah pada nama-nama hari (75%). Hasil penelitian membuktikan bahwa keterbatasan fasilitas dapat diatasi melalui metode pembelajaran kreatif dan pemanfaatan sumber daya lokal. Program ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris adaptif untuk daerah terpencil.
References
Anwar, M., & Zainuddin, M. (2022). Exploring the integration of local culture and global English in language education. International Journal of Language and Cultural Education, 7(1), 23-35. https://doi.org/10.1016/j.ijlge.2021.09.001
Crystal, D. (2003). English as a global language. Cambridge university press.
Davis, R., & Fan, Z. (2020). The role of music in language learning: A longitudinal study. Journal of Educational Psychology, 112(2), 145–158. https://doi.org/10.1037/edu0000357
He, J., & Liu, H. (2019). Language education in rural China: Challenges and strategies. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-030-29997-7
Lee, H., & Thompson, S. (2022). Enhancing confidence and retention through music in language education. Language Learning and Technology, 26(3), 45–60. https://doi.org/10.1016/j.ltl.2022.01.004
Martinez, J., & Chen, H. (2023). Neurolinguistic mechanisms of music in language acquisition. Cognitive Science, 47(7), 1521–1534. https://doi.org/10.1111/cogs.13011
Patel, K., & Nguyen, L. (2021). The impact of contextualized language learning in rural settings. Journal of Rural Education and Development, 18(2), 68–84. https://doi.org/10.1080/09500731.2021.1937364
Wilson, D., et al. (2024). Music-based learning in remote areas: Case studies and results. International Journal of Educational Research, 80(4), 105–120. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.10.001
Xie, Y., & Tan, L. (2023). Improving language learning outcomes through community-based programs in remote areas. TESOL Quarterly, 57(2), 432-450. https://doi.org/10.1002/tesq.315
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Novi Indriyani, Dian Agustina Purwanto Wakerkwa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.