Program Pengembangan Model Pembelajaran Online untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Guru SMP di Tangerang Selatan
DOI:
https://doi.org/10.70210/ajpm.v2i2.80Keywords:
Pelatihan, Skala Likert, Keterampilan, DesainAbstract
Kesuksesan guru dalam mengajar bergantung pada pengetahuan dan kemampuan mereka. Pada kenyataannya, masih banyak guru yang menghadapi masalah dalam proses belajar mengajar. Masalah ini termasuk merancang pelajaran dengan baik, tidak adanya media pembelajaran, menangani anak yang kurang fokus, menangani anak hiperaktif atau berkebutuhan khusus, dan berkomunikasi dengan baik dengan anak dan orang tua mereka. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk membangun program pelatihan model pembelajaran online untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru SMP di Tangerang Selatan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, guru-guru SMP harus dilatih dengan baik dan berkelanjutan. Program Pengembangan Model Pembelajaran Online adalah upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru SMP di kota Tangerang Selatan. Program ini mencakup berbagai jenis pelatihan berbasis online yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru, seperti bagaimana menggunakan teknologi dalam pembelajaran dan membuat metode pembelajaran interaktif. Hasil dari program ini, yang diukur melalui evaluasi kualitatif dan pre-test dan post-test, menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan peserta. Program ini juga memberikan panduan praktis bagi guru untuk menerapkan pembelajaran online di kelas. Pelatihan ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran online efektif dalam meningkatkan kemampuan guru SMP. Ini juga dapat digunakan sebagai model untuk program pelatihan serupa di masa depan. Selama pelatihan model pembelajaran online, peserta juga menunjukkan sikap positif. Menurut hasil pelatihan ini, disarankan untuk menerapkan model pembelajaran online untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan.
References
Agustina, N., & Susanto, R. (2017). Persepsi Guru Terhadap Pengembangan Profesionalisme Melalui Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Edmodo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI) Ke-8, (hal 44–48). Bali, Indonesia.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.
Astuti, I. Y., & Harun, H. (2020). Tantangan Guru dan Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Dari Rumah Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2) 1454–1463. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.808.
Elnovreny, J., Maulida, R., & Sinurat, J. D. (2021). Pelatihan Pembelajaran Daring yang Interaktif dan Menyenangkan di Perguruan Islam Miftahul Husna. Jurnal Terapan Abdimas, 6(2), 192–196. https://doi.org/10.25273/jta.v6i2.9423.
Eko Binti Lestari, Pitoyo Ngatimin, & Rawuh Yuda Yuwana. (2023). PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERTANIAN ORGANIK. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 15–20. Retrieved from https://e-publisher.my.id/index.php/ajpm/article/view/25
Fauzi, L. M., Supiyati, S., & Rasidi, A. (2020). Workshop Distance Learning Di Masa Pandemic Covid 19. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16–21. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2405.
Furkan, F., Sya, A., Purwanto, A., & Astra, I. M. (2021). Tantangan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3877– 3883. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.743.
Kayyis, R., & Khasanah, B. A. (2020). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Rumah pada Era Pandemi Covid-19. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.52657/jbn.v4i1.1389.
Kholisho, Y. N., Arianti, B. D. D., Jamaluddin, J., Wirasasmita, R. H., Ismatulloh, K., Uska, M. Z., & Fathoni, A. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Editing Video Bagi Guru SD untuk Menghadapi Era Industri 4.0. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 119–127. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3586.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.
Mujinem, M., Senen, A., Hidayati, H., & Sekar, P. (2021). Pelatihan Penyusunan Desain Pembelajaran Menyenangkan Terintegrasi IT dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh Guru Sekolah Dasar. PELITA: Jurnal Pelatihan dan Karya Ilmiah, 21(1), 68–75. https://doi.org/10.33592/pelita.v21i1.1130.
Primasari, I. F. N. D., & Zulela, Z. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820.
Setyaningsih, K. D., Eka, K. I., & Badarudin, B. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Sd Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 19–27. http://dx.doi.org/10.30595/.v1i2.9012
Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy: Jurnal Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732. Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan Konsep Matematis Bagi Guru Matematika Melalui Pelatihan Software Scilab Secara Daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3190.
Zhu, Z.-T., Yu, M.-H., & Riezebos, P. (2016). A research framework of smart education. Smart Learning Environments, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.1186/s40561-016-0026-2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.