Pendampingan Satu Guru Satu Media Pembelajaran (SaGu SEP) Berbasis Programming dengan Pendekatan Etnografi Papua
DOI:
https://doi.org/10.70210/ajpm.v1i2.33Keywords:
Media Pembelajaran, Media Berbasis Programming, Etnografi PapuaAbstract
Tujuan dari pengabdian kemitraan masyarakat ini ialah sebagai upaya pengenalan pemanfaatan media pembelajaran berbasis pemrogramman (scratch 3) yang diintegrasikan dengan konteks etnografi Papua. Kegiatan ini dilaksanakan di SD Negeri Cenderawasih Spadem dengan melibatkan 27 Guru yang telah menyetujui untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan hingga selesai. Tahapan dalam kegiatan ini meliputi mendesain media pembelajaran dengan bahasa pemrograman, pendampingan mendesain display and content media pembelajaran dengan scratch 3, pendampingan presentasi hasil karya guru berupa bahan media pembelajaran dengan scratch 3 dengan pendekatan etnografi Papua, pendampingan penerapan media pembelajaran berbasis berbasis etnografi Papua di kelas. Hasil survei persepsi guru dalam kegiatan pendampingan ini menunjukan, guru merespon positif pemanfaatan scratch 3 yang dilakukan dengan pendekatan etnografi Papua.
References
Adnan, Mf., Sonang Siregar, P., & Rokania, S. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI SEKOLAH DASAR (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu
Afif Norma Lidya, & Endang Istikomah. (2021). Powtoon-Based Mathematics Learning Media: Validation Stage of the Pythagorean Theorem. Mathematics Research and Education Journal, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.25299/mrej.2021.vol5(1).9206
Hendra Prijanto, J., De Kock, F., Harapan, U. P., Dian, S., Jember, H., & Info, A. (2020). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online.
Isnaini, M., Fujiaturahman, S., Sekar Utami, L., Anwar, K., & Sabaryati, J. (2021). PEMANFAATAN APLIKASI SCRATCH SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA BELAJAR SISWA “Z GENERATION” UNTUK GURU-GURU SDN 1 LABUAPI. 5(1). https://scratch.mit.edu/download.
Laia, I. (2023). Analisis Komunikasi Guru Dengan Sisw Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar DI SMP Negeri 2 Susua. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 2(1), 1–11. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/FAGURU
Nurhopipah, A., Nugroho, I. A., & Suhaman, J. (2021). Pembelajaran Pemrograman Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Kemampuan Computational Thinking Anak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 6. https://doi.org/10.24114/jpkm.v27i1.21291
Purwasih, R., Jumiatin, D., Aripin, U., Siliwangi, I., & Barat, J. (2020). PEMERDAYAAN GURU-GURU MTs CAHAYA HARAPAN MELALUI KEGIATAN TRANSFER IPTEK E-MATHGOGY MENGGUNAKAN PENDEKATAN ICT BERBASIS REVOLUSI INDUSTRI 4.0. In Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) (Vol. 8, Issue 1). http://emathgogy.net/seperti
Rapsanjani, H., Yohanes, R. A., & Artikel, S. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 83–91. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2461
Susilowati, K. D. S., Riwajanti, N. I., & Muwidha, M. (2023). Analyzing the Needs for Developing an Android-Based Learning Media Application in the Subject of Appraisal. Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-026-8_27
Yohanes, R. A., Rapsanjani, H., Artikel, S., Kunci, K., Guru, U., & Belajar, K. (2023). ANALISIS UPAYA GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI SEKOLAH DASAR. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 77–82. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2373
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.