Pelatihan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing (Guided Inquiry) Terintegrasi Pendekatan Saintifik Untuk Guru di SMP YAPIS Merauke

Authors

  • Ferry Irawan Universitas Musamus
  • Hernita A. Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i2.144

Abstract

Orientasi pendidikan adalah membuat peserta didik mampu untuk memecahkan masalah secara terstruktur dengan menggunakan pendekatan proses sains terutama pada pembelajaran IPA/Sains. Derivasi materi yang cukup luas pada pembelajaran IPA/Sains membuat peserta didik harus terampil dalam melakukan analisis pemecahan masalah. Analisis pemecahan masalah dapat dilakukan dalam proses pembelajaran ketika peserta didik dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inovatif, salah satunya adalah model pembelajaran inquiry terbimbing yang memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan penyelidikan. Dengan demikian guru sebagai fasilitator dalam setiap aktivitas pembelajaran harus mampu mengintegrasikan model pembelajaran tersebut dalam aktivitas pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dapat dilaksanakan sesuai prinsip pembelajaran menyenangkan (meaningful learning). Kegiatan yang dilakukan berorientasi pada pelatihan kemampuan guru untuk menjadi role model yang inovatif dalam mengembangkan desain pembelajaran yang inovatif. Kegiatan yang telah dilakukan mampu mengakomodasi peran guru dalam menggunakan model pembelajaran yang adaptif sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan baik untuk guru maupun bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ballantine, J., Boyce, G., & Stoner, G. (2024). A critical review of AI in accounting education: Threat and opportunity. Critical Perspectives on Accounting, 99(January), 102711. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2024.102711

Facer, K., & Sriprakash, A. (2021). Provincialising Futures Literacy: A caution against codification. Futures, 133(June), 102807. https://doi.org/10.1016/j.futures.2021.102807

Feng, X., Helms-lorenz, M., Maulana, R., & Jansen, E. P. W. A. (2021). Dutch beginning teachers’ intrinsic orientation for the profession: Measurement and consistency during the first year. Studies in Educational Evaluation, 70, 101059. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101059

Hernández-Torrano, D., & Ibrayeva, L. (2020). Creativity and education: A bibliometric mapping of the research literature (1975–2019). Thinking Skills and Creativity, 35(December 2019), 100625. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100625

Irawan, F. (2023). Statistika Pendidikan.

Irawan, F., Maghfiroh, H., Zubaidah, S., & Sulisetijono, S. (2024). The correlation between science literacy skills and scientific explanation on creative thinking skills through Remap-STAD learning model. AIP Conference Proceedings, 3106(1). https://doi.org/10.1063/5.0215201

Irawan, F., Zubaidah, S., & Sulisetijono, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Remap STAD Terhadap Pemberdayaan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1086. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13880

Jamjemah, Tomo, D., Erlina, & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN 47 Penanjung Sekadau. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 119–127. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/JPDP8

Matsumoto-Royo, K., & Ramírez-Montoya, M. S. (2021). Core practices in practice-based teacher education: A systematic literature review of its teaching and assessment process. Studies in Educational Evaluation, 70, 101047. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2021.101047

Öcal, D. K., & Gökarıksel, B. (2022). Grounding religious geopolitics: The everyday counter-geopolitical practices of Turkish mosque communities in Germany. Geoforum, 129, 151–160. https://doi.org/10.1016/j.geoforum.2022.01.011

Putri, M. S., & . C. (2021). Transformasi Lingkungan Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.38491

Sato, M., & Kitamura, Y. (2023). Current status of climate change education and suggestions for its integrative development in Japan. IATSS Research, 47(2), 263–269. https://doi.org/10.1016/j.iatssr.2023.04.002

Saulnier, J., Johnson, C. M., & Whalen, K. (2021). Scaffolded research assignment analysis for a required first year course. Journal of Academic Librarianship, 47(1), 102293. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102293

Thahery, R., & Mahaputra Riau, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Technical and Vacational Education International Journal Februari 2023, 3(1), 2721–9798.

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Irawan, F., & Hernita A. (2025). Pelatihan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing (Guided Inquiry) Terintegrasi Pendekatan Saintifik Untuk Guru di SMP YAPIS Merauke. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 229–236. https://doi.org/10.70210/ajpm.v3i2.144