Pelatihan Penggunaan Long Hand Method untuk Penghitungan Penarikan Akar Bilangan
Keywords:
Long hand Method, Matematika, Sekolah DasarAbstract
Matematika sebagai pelajaran wajib dasar yang dipelajari pada jenjang SD harus diajarkan secara menarik dan menyenangkan. Rendahnya angka matematika disebabkan oleh momok menakutkan yang didapatkan oleh siswa bahwa pelajaran matematika sangat sulit. Sehingga perlu adanya kreatifitas dari guru, untuk mengajarkan dengan konsep yang lebih mudah dan menyenangkan. Longhand Method merupakan sebuah metode baru dalam penarikan akar bilangan. Longhand method memberikan konsep yang lebih mudah dalam mempelajari penarikan akar bilangan. Pelatihan long hand method dalam penarikan akar bilangan dilakukan di SD Inpres Kurik II Rawasari pada tanggal 30 Agustus bertujuan untuk membantu guru-guru dalam memahami long hand method agar dapat diimplementasika pada pembelajaran penarikan akar bilangan, pelatihan ini juga diharapkan dapat memotivasi guru untuk menemukan dan mengembangkan kreatifitas dan metode baru unutk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik.
References
Ayu, B., Priyudahari, P., Guru, P., Dasar, S., Musamus, U., Komputer, P., & Musamus, U. (2024). Longhand method untuk perhitungan penarikan akar bilangan. 5, 390–393.
Djumanta, W. (2008). Matematika untuk Kelas VII Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Grafindo Media Pratama.
Habeahan, W. L., Siahaan, R. Y. K. P., Silalahi, M. M. R., Harahap, N. H., Sitio, H., & Siregar, Y. A. (2022). Pengembangan Kompetensi Berhitung Cepat Di Sekolah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), Vol 02(No 02), 49–55.
Magdalena, I., Nurul Annisa, M., Ragin, G., & Ishaq, A. R. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-Test Dan Post-Test Pada Mata Pelajaran Matematika Dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran Di Sdn Bojong 04. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 150–165. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara
Murni, D., Mudjiran, M., & Mirna, M. (2023). Analisis Terhadap Kreativitas dan Inovasi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1118–1128. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2066
Nursafitri, F., Sarifah, I., & Imaningtyas, I. (2023). Efektivitas Metode Bermain dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1807–1815. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5454
Permatasari, K. G. (2021). Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/ madrasah ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(1), 68–84. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/96
Siregar, T. M., Siahaan, B. M. G., & Enjelika, T. N. (2023). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SMA Swasta Cahaya Medan. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(1), 396–401.
Sofiyatin, R. (2022). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 1(4), 54–59.
Zaini, N. (2021). Menjadi Guru Yang Kreatif dan Inovatif. Center for Open Science, 1–6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Astuti, Bhujangga Priyudahari, Rusmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.