BUKU SAKU: MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Penulis

  • Ni Nyoman Rediani Universitas Musamus Merauke
  • Yus Witdarko Universitas Musamus Merauke
  • Trinovianto George Reinhard Hallatu Universitas Musamus Merauke
  • Ivylentine Datu Palittin Universitas Musamus Merauke
  • Sunarni Sunarni Universitas Musamus Merauke
  • Hanova Rani Eka Retnaningtyas Universitas Musamus Merauke
  • Herrio Tekdi Nainggolan Universitas Musamus Merauke
  • Bhujangga Ayu Priyudahari Universitas Musamus Merauke

Abstrak

Buku "Membaca, Menulis, dan Menghitung Berbasis Kearifan Lokal" menyoroti pentingnya penerapan kearifan lokal dalam pembelajaran calistung, dengan fokus yang kuat pada meningkatkan kualitas dasar pendidikan. Dengan mengambil nilai-nilai, tradisi, dan pengetahuan yang diperoleh dari lingkungan lokal, buku ini menawarkan pendekatan holistik dan berkelanjutan yang memperkaya pengalaman belajar siswa. Melalui serangkaian materi yang komprehensif, buku ini menyajikan pendekatan yang menyeluruh terhadap pembelajaran calistung, mulai dari pembacaan, penulisan, hingga perhitungan matematika. Bab-bab dalam buku ini mencakup pengenalan abjad, pembentukan kata dan suku kata, pengembangan kosakata, hingga konsep dasar matematika seperti estimasi dan penggunaan bilangan bulat, serta penerapan luas. Selain itu, buku ini juga menggali kemampuan penalaran spasial dan mengenalkan konsep pola dan hubungan dalam konteks pembelajaran. Setiap bab dilengkapi dengan serangkaian soal latihan yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa dan mengembangkan keterampilan mereka dalam setiap materi yang diajarkan.

Referensi

Candika, C., Hanifah, E., & Rustinar, E. (2022). Media Kartu Huruf dalam Pengenalan Huruf Abjad Siswa Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1537–1543.

Diana, D., Mansoer, Z., & Syaikhu, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan dengan Bermain Ular Tangga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 47–54.

Fazriani, N., Supendi, D. A., & Humaira, H. W. (2019). Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(2), 124–138. https://doi.org/10.30651/st.v12i2.2802

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339

Lisma, N., & Abidin, Z. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Membaca , Tulis Dan Berhitung. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 226–232.

Mazidah, N., & Khamim, Z. P. (2023). Pengenalan Huruf Abjad Melalui Tutur Bahasa pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 145–149. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1953

Nagari, M. F., & Nugraha, V. (2020). Analisis kemampuan menulis karya ilmiah di kalangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(5), 747–754. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/5371/pdf

Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 476. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5297

Sulasih, E. S. (2018). Pengaruh Minat Membaca Karya Sastra Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Menulis Novel. Pujangga, 2(2), 24. https://doi.org/10.47313/pujangga.v2i2.392

Yaie, F. I. J. Y., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807

Diterbitkan

2024-07-16

Cara Mengutip

Rediani, N. N., Witdarko, Y., Hallatu, T. G. R., Palittin, I. D., Sunarni, S., Retnaningtyas, H. R. E., … Priyudahari, B. A. (2024). BUKU SAKU: MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG BERBASIS KEARIFAN LOKAL. PT Akselerasi Karya Mandiri, 65. Diambil dari https://e-publisher.my.id/index.php/ptakm/article/view/77