BUKU SAKU: MEMBACA, MENULIS DAN MENGHITUNG BERBASIS KEARIFAN LOKAL
Abstrak
Buku "Membaca, Menulis, dan Menghitung Berbasis Kearifan Lokal" menyoroti pentingnya penerapan kearifan lokal dalam pembelajaran calistung, dengan fokus yang kuat pada meningkatkan kualitas dasar pendidikan. Dengan mengambil nilai-nilai, tradisi, dan pengetahuan yang diperoleh dari lingkungan lokal, buku ini menawarkan pendekatan holistik dan berkelanjutan yang memperkaya pengalaman belajar siswa. Melalui serangkaian materi yang komprehensif, buku ini menyajikan pendekatan yang menyeluruh terhadap pembelajaran calistung, mulai dari pembacaan, penulisan, hingga perhitungan matematika. Bab-bab dalam buku ini mencakup pengenalan abjad, pembentukan kata dan suku kata, pengembangan kosakata, hingga konsep dasar matematika seperti estimasi dan penggunaan bilangan bulat, serta penerapan luas. Selain itu, buku ini juga menggali kemampuan penalaran spasial dan mengenalkan konsep pola dan hubungan dalam konteks pembelajaran. Setiap bab dilengkapi dengan serangkaian soal latihan yang dirancang untuk menguji pemahaman siswa dan mengembangkan keterampilan mereka dalam setiap materi yang diajarkan.
Referensi
Candika, C., Hanifah, E., & Rustinar, E. (2022). Media Kartu Huruf dalam Pengenalan Huruf Abjad Siswa Kelas. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1537–1543.
Diana, D., Mansoer, Z., & Syaikhu, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan dengan Bermain Ular Tangga. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 47–54.
Fazriani, N., Supendi, D. A., & Humaira, H. W. (2019). Pengaruh Pendekatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Kota Sukabumi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 12(2), 124–138. https://doi.org/10.30651/st.v12i2.2802
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dengan Menggunakan Cerita Fabel pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.339
Lisma, N., & Abidin, Z. (2021). Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Membaca , Tulis Dan Berhitung. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 226–232.
Mazidah, N., & Khamim, Z. P. (2023). Pengenalan Huruf Abjad Melalui Tutur Bahasa pada Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 145–149. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.1953
Nagari, M. F., & Nugraha, V. (2020). Analisis kemampuan menulis karya ilmiah di kalangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(5), 747–754. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/download/5371/pdf
Nurlaily, F., & Pranata, K. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kemampuan Menulis Peserta Didik Kelas Redah di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 9(3), 476. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5297
Sulasih, E. S. (2018). Pengaruh Minat Membaca Karya Sastra Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Menulis Novel. Pujangga, 2(2), 24. https://doi.org/10.47313/pujangga.v2i2.392
Yaie, F. I. J. Y., Taty Fauzi, & Dessi Andriani. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui Permainan Kotak Pintar pada Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(03), 8–16. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i03.8807
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ni Nyoman Rediani, Yus Witdarko, Trinovianto George Reinhard Hallatu, Ivylentine Datu Palittin, Sunarni Sunarni, Hanova Rani Eka Retnaningtyas, Herrio Tekdi Nainggolan, Bhujangga Ayu Priyudahari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.