Trilogi Pendidikan Bahasa Populer di Indonesia (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab)

Penulis

  • Rawuh Yuda Yuwana Universitas Musamus Merauke
  • Yuni Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Angga Warda Prasakti Universitas Adiwangsa Jambi
  • Seli Marlina Radja Leba Universitas Musamus Merauke
  • Pidekso Adi Universitas Negeri Malang
  • Christiana Sidupa Universitas Bina Nusantara
  • Dimas Adika Universitas Sebelas Maret
  • Desca Angelianawati Universitas Musamus Merauke
  • Arini Hidayah Universitas Surakarta
  • Hanik Mahliatussikah Universitas Negeri Malang
  • Tatik Mariyatut Tasnimah UIN Sunan Kalijaga
  • Anisatu Thoyyibah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Nurhidayati Nurhidayati Universitas Negeri Malang

Kata Kunci:

Linguistik, Bahasa, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab

Abstrak

Trilogi Pendidikan Bahasa Populer di Indonesia merupakan sebuah buku yang menyajikan sudut pandang tiga bahasa populer di Indonesia dalam konteks pendidikan: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab. Buku ini dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif tentang ketiga bahasa tersebut dengan konteks pengajaran di Indonesia, mulai dari tantangan sampai standardisasi penguasaannya. Dimulai dari sudut pandang Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi naional dan implementasi pengajarannya pada tingkat daerah. Selanjutnya, pembaca akan dibawa pada ulasan pengajran Bahasa Inggris dan Bahasa Arab sebagai bahasa asing populer di Indonesia dengan pendekatan yang komprehensif dan mudah dipahami. Trilogi Pendidikan Bahasa Populer di Indonesia dapat menjadi panduan yang ideal bagi siapa pun yang ingin memiliki pemahaman utuh seputar ketiga bahasa tersebut dalam konteks pengajarannya di Indonesia.

Referensi

Aan. (2020). Model pengelolaan pendidikan karakter di sekolah pada masapandemi.https://faiumbandung.id/fastabiq/index.php/FAS/article/view/26

Abdullah, A. A. bin. (2011). Al-‘Arabiyyah wa Aṡaruhā ladai al-Garbiyyīn. Diambil dari https://www.islamweb.net/ar/article/168523/العربية-وأثرها-لدى-الغربيين

Abdullah, S. N. A. (2020). Frame Hijrah Millenial di Media Sosial (Telaah Makna Hadis Tentang Hijrah. Al-Tadabbur, 6(2), 237–246. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46339/altadabbur.v6i2.363

Aim, & Bunyamin. (2023). Kajian Integrasi Nasional dalam NKRI Tidak Dapat Diubah dan Sumpah Pemuda Indonesia Abad 21. https://jupetra.org/index.php/jpt/article/view/139

Ainin, M., & UM, F. (2011). Fenomena demotivasi dalam pembelajaran Bahasa Arab di madrasah: Penyebab dan alternatif pemecahannya. Mereka Pembelajaran Inovatif, 59.

Akhiruddin, K. M. (2015). Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara. TARBIYA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 195-219.

Alawi, D., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Konsep Budaya Islami dan Sekolah Ramah Anak di SMP Islam Cendekia Cianjur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2514–2520.

Al-Turkiy, A. bin A. M. (1992). Silsilatu Ta’līm al-Lugah al-‘Arabiyyah li an-Nāṭiqīn bigairihā. Jami’atul Imam Ibnu Saud al-Islamiyyah.

Amal, I. (2023). Muqaranatu Kitab Al Arabiyah Lil Hayah wa Kitab Al Arabiyah Bayna Yadayk Li Maharati al- Kitabah ‘ala Naẓariyyati Abdurrahman bin Ibrahim Al Fauzan (UIN Malang). UIN Malang. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/56167/

Aminuddin. (2006). Sejarah Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ananiadou, K. and M. Claro (2009), “21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries”, OECD Education Working Papers, No. 41, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/218525261154.

Angelianawati, D. (2020). Kekerasan Simbolik terhadap Karakter Homoseksual dalam Novel Lelaki Terindah karangan Andrei Aksana. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 9(1), 58-72.

Anwar, M. (2021). Development of Foreign Language Teaching Material Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) to Increase Students’ Literacy Skills. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Vol. 5, No. 2, August 2021 Universitas Negeri Makassar, Indonesia. E-ISSN : 2579-4574 P-ISSN : 2549-7359. Hal. 565-578.

Ardhiansyah, D. (2013). Video wawancara sok intelek Syahrini 2013. YouTube, diupload oleh Haji Sulam Chanel, diakses dari website https://www.youtube.com/watch?v=sCC84x_XU2w pada 5 Mei 2024.

Armai, Arief. (2007). "Strategi Pembelajaran di Pesantren." Jurnal Pendidikan Agama Islam 4.1 (2007): 1-19.

Arseat, R. L., Hartono, Y., & Habsari, N. T. (2022). Literasi sejarah pendidikan pesantren dan nilai-nilai keteladanan kiai (studi di pp sabilil mutaaqien Takeran Magetan Jawa Timur). In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra) (Vol. 1, No. 1, pp. 215-222).

As-Salim, F. (n.d.). Al-Lugah al-’Arabiyyah wa Makānatuhā baina al-Lugāt (1 ed.). Diambil dari https://elibrary.mediu.edu.my/books/MAL07017.pdf

As-Suri, A.-S. A. A. (2023). Nazariyyatu Ta’līm al-Lugah al-‘Arabiyyah li Gairi an-Nāṭiqīn bihā. Majallatu al-Lugah. Diambil dari https://allugah.com/?p=1183

Atmazaki , Ramadhan, S., dan Indriyani, V. (2023). Genre-Based Learning Model With Literacy Activities and Character Strengthening: Effectiveness in Language Learning. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 14, No. 5, pp. 1384-1394, September 2023. DOI: https://doi.org/10.17507/jltr.1405.27. ISSN 1798-4769

Azizah, S., & Maulani, H. (2024). Pengaruh Perkembangan Seni Kaligrafi Arab Terhadap Budaya di Indonesia. Shaf: Jurnal Sejarah, Pemikiran Dan Tasawuf, 1(2), 22–37. https://doi.org/https://doi.org/10.59548/js.v1i2.102

Azyumardi, Azra. (2012). Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milenium III. Kencana Prenada Media Group

Bernstein, B. (1971). Class, Codes, and Control: Theoretical Studies Towards a Sociology of Language. Routledge & Kegan Paul.

Bourdieu, P. (2023). Language and symbolic power. Massachusetts: Harvard University Press

Brown, H. D. (2007). Principles of Language Learning and Teaching (5th ed.). Pearson Education.

Brown, H. D. (2020). Principles of Language Learning and Teaching. Edisi ke-5. Penerbit: Pearson Education.

Busri, H., Irawati, R. P., & Nawawi, M. (2016). Pemanfaatan Cross Culture Understanding (Pemahaman Lintas Budaya) dalam Bahan Ajar Nusus Adabiyyah (Analisis teks Sastra). Jurnal Penelitian Pendidikan, 33(1). Diambil dari https://journal.unnes.ac.id/nju/JPP/article/view/7663

Busthomi, Y., & A’dlom, S. (2019). Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Pendidikan Di Pondok Pesantren Desa Ganjaran Gondanglegi Malang. Jurnal Annaba'STIT Muhammadiyah Paciran, 5(2), 215-234.

Carnando, G. & Nurlaily. (2020). Implementing communicative language teaching (CLT) approach in an international standard school in Batam. The Journal of English Literacy Education, 7(2), 55–63.

Celce-Murcia, M., & Olshtain, E. (2000). Discourse and Context in Language Teaching: A Guide for Language Teachers. Cambridge University Press.

Chaer, A. & Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik perkenalan awal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chua, N. A. & Soon, G. Y. (2021). Performing communicative language teaching in Mandarin mobile learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 15(05), 87–99.

Council of Europe. (2001). Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment. Penerbit: Council of Europe.

Council of Europe. (2024). Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). [Dokumen Online]. Tersedia: http://www.coe.int/lang-CEFR.

Crystal, D. (2003). English as a Global Language. Cambridge University Press.

Daar, G. F. & Ndorang, T. A. (2020). Analysis of the implementation of communicative language teaching and classroom interaction in the effort to increase learners’ speaking skills. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(12), 969–978.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian Proses Islamisasi di Indonesia (Studi Pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, IAIN Palangkaraya, 12(1), 115–125. Diambil dari https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/jsam/article/view/467

Damanik, A. (2022). Hijrah Perspektif Alqur’an. Al-Kaffah: Jurnal Kajian Nilai-Nilai Keislaman, 10(1), 109–128. https://doi.org/http://jurnalalkaffah.or.id/index.php/alkaffah/article/view/45

Dede, R. (2004). Education paradigm (p. 276). Kencana.

Dennis L. Malone. (2003). Developing Curriculum Materials for Endangered Language Education: Lessons from the Field, International Journal of Bilingual Education and Bilingualism, 6:5, 332-348, DOI:10.1080/13670050308667790, http://dx.doi.org/10.1080/13670050308667790.

Diouani, A. E. (2020). Communicative language teaching in the Moroccan classroom: Perceptions, practices, and difficulties. Journal of Foreign Language Teaching and Learning, 5(2), 135–158.

Dodego, S. H. A. (2022). Pentingnya Penguasaan Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(2), 55–70. https://doi.org/https://doi.org/10.56799/peshum.v1i2.48

Eisenring, Moh. A. A. & Margana. (2019). The importance of teacher – students interaction in Communicative Language Teaching (CLT). Prasasti: Journal of Linguistics, 4(1), 46–54.

Elmubarok, Z., & Qutni, D. (2020). Bahasa Arab Pegon Sebagai Tradisi Pemahaman Agama Islam di Pesisir Jawa. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 9(1), 61–73. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/la.v9i1.39312

Erlina, D., Marzulina, L., Harto, K., Holandyah, M., Wulandari, B A., Fauzan, M M., Fridiyanto, F., & Mukminin, A. (2022). English Education and Large Classes: Unpacking the Challenges and Coping Strategies. Theory and practice in language studies, 12(3), 489-497. https://doi.org/10.17507/tpls.1203.08

Fishman, J. A. (1991). Reversing Language Shift: Theoretical and Empirical Foundations of Assistance to Threatened Languages. Multilingual Matters.

Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 42-54.

Ganapathy, M., Kaur, M., Jamal, M., & Phan, J. (2022). The effect of a genre-based pedagogical approach on Orang Asli students’ EFL writing performance. Malaysian Journal of Learning & Instruction, 19(1), 85-113. https://doi.org/10.32890/mjli2022.19.1.4

Garrett, P. (2010). Attitudes to languages. New York: Cambridge University.

Grice, H. P. (1975). “Logic and conversation,” Syntax and Semantics 3: Speech Acts, eds P. Cole and J. J. Morgan (New York, NY: Academic Press), 41–58.

Guimpeirz, J. (1982). Conveirsational codeiswitching in discouirsei strateigieis. Cambridgei: Cambridgei UIniveirsity Preiss.

Halim, M. (2017). Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone.

Halimatuzzahroh, Ridha, F., & Kusumah, M. W. (2020). Dirasah Muqaranah Baina Manhaj Kitâb Al-Arabiyah Bayna Yadaika Wa Manhaj Kitab Al-Arabiyah Li An-Nâsyîn (Al-Kitâb Al-Awwal Namudzajan). Ukazh: Journal of Arabic Studies, 1(2), 129–143. https://doi.org/10.37274/ukazh.v1i2.406

Hamka, M. (2017). Pengembangan Strategi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Berbasis Budaya untuk meningkatkan Kearifan Peserta Didik dalam Berkehidupan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdkbud. Dalam Seminar Nasional Kurikulum 2013 Revisi. Depatemen Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Hanafie Das, W., & Halik, A. (2020). Pendidikan Islam di Pondok Pesantren: Problematika dan Solusinya.

Handayani, S. (2015). Peintingnya keimampuian beirBahasa Inggris dalam meinyokong ASEIAN Commuinity. Profeisi Peindidik, 3: 102-106.

Haryani & Putry, A. R. A. (2020). A collaboration between communicative language teaching (CLT), audiolingual, and community language learning (CLL) approach in teaching and learning English at SMA 1 Singorojo Kendal. Journal of English Education and Teaching, 4(1), 127–139.

Hastasasi, Windy., dkk. (2022). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Havwini, T. (2019). Indonesian EFL students’ willingness to communicate in the 2013 curriculum implementation: A case study. TEFLIN Journal, 30(1), 105-120.

Hervina. (2020). Post method language teaching within the implementation of 2013 curriculum. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 4(1), 77-87.

Hitipeuw, Jimmy. (2024, April 4). Kegagalan pengajaran Bahasa Inggris di sekolah dan perguruan tinggi Indonesia. KOMPAS. https://www.kompas.com/edu/read/2024/04/04/104057171/kegagalan-pengajaran-bahasa-inggris-di-sekolah-dan-perguruan-tinggi?page=all.

Holmeis, J. (2004). An introduiction to sociolinguiistic (4th eidition). London: Peiarson EIdui.

Hornberger, N. H. (2008). Can Schools Save Indigenous Languages?: Policy and Practice on Four Continents. Palgrave Macmillan.

International Telecommunications Union (2014), Measuring the Information Society Report 2014, International Telecommunication Union, Geneva.

Jahuri, J., & Fauji, S. (2022). Arab Pegon dalam Khazanah Manuskrip Islam di Jawa. Jurnal Penelitian Agama, 23(1), 61–80. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jpa/article/view/6548

Jannah, R., & Herdah. (2022). Kata Serapan Bahasa Arab Dalam Bahasa Indonesia: Pendekatan Leksikografi. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(1), 123–132. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i1.2820

Jauhar, N. I. (n.d.). Ahdāfu Ta’līm al-Lugah al-‘Arabiyyah li an- Nāṭiqīn bigairihā. Diambil dari https://www.lisanarabi.net/مقالات/عربية/349-أهداف-تعليم-اللغة-العربية-للناطقين-بعيرها.html

Jones, R. (2007). Loan-Words in Indonesian and Malay. Leiden: KITLV.

Kadir, A. (2020). Pesantren; prespektif sejarah, konstribusi dan model pendidikan. Jurnal Da'wah: Risalah Merintis, Da'wah Melanjutkan, 3(01), 69-105.

Kadir, Suleman D dan Arif, Muh. (2022) “Dinamika Perkembangan Kurikulum Bahasa Arab Di Indonesia Ditinjau Secara Historis”. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Humaniora Vol. 1 No. 2 Desember 2022 http://ejournal.iaingorontalo.ac.id/ index.php/AL-KILMAH

Kamus besar Bahasa Indonesia. (1991, January 1). http://books.google.ie/books?id=Y6tkAAAAMAAJ&pg=PA965&dq=Bahasa+Indonesia+adalah+bahasa+resmi+negara+Indonesia+yang+penting+untuk+dipelajari+oleh+setiap+individu+di+dalamnya.&hl=&cd=2&source=gbs_api

Kasalak, G. & Dağyar, M. (2020). The relationship between teacher self-efficacy and teacher job satisfaction: A meta-analysis of the teaching and learning international survey (TALIS). Educational Sciences: Theory and Practice, 20(3), 16–33.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Keraf, G. (1994). Komposisis: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Penerbit Nusa Indah

Khodjim, Achmad (2019). Serat Centhini, Tangerang Selatan: Baca

Khumaidi, M. W. (2020). Pola dan Keragaman Pendidikan Islam (Kajian Tentang Pesantren dan Ruang Lingkupnya). An Naba, 3(1), 58-71.

Kirsch, I. et al. (2002), Reading for Change Performance and Engagement Across Countries: Results From PISA 2000, OECD, Paris.

KMA-NO-347-TAHUN-2022-TTG-Pedoman-Implementasi-Kurikulum-Merdeka-pada-Madrasah.

Koentjaraningrat. (1980). Pengantar ilmu antropologi. Jakarta: Aksara Baru.

Kow, K. (2003). Codeswitching for a purpose: focus on preschool Malaysian children. Multilingua, 22, 59-77.

Krajka, J. (2003). Project-Based Learning Using Information Technology. International Society for Technology in Education.

Kramsch, C. (2009). The Multilingual Subject: What Foreign Language Learners Say about Their Experience and Why It Matters. Oxford University Press.

Kridalaksana, H. (2018). Masa Awal Bahasa Indonesia. Yayasan Pustaka OBor Indonesia.

Kurikulum Menteri Agama (KMA) nomer 183 Tahun 2019. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Jakarta: Kementrian Agama Republik Indonesia

Kurniasih, I. (2018). Sejarah Pendidikan Bahasa: Tinjauan Sejarah, Filosofis, dan Realitas di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Larsen-Freeman, D. & Anderson, M. (2013). Techniques and principles in language teaching 3rd edition-Oxford handbooks for language teachers. Oxford University Press.

Larsen-Freeman, D. (2000). Techniques and Principles in Language Teaching. Oxford University Press.

Latifa, H., Ratih, K., & Maryadi. (2024). Junior high school English teachers’ planning on Merdeka curriculum. English Review: Journal of English Education, 12(1), 203-212.

Leech, G. N. (2016). Principles of pragmatics. Routledge.

Leontovich, O. (2005). American English as a medium of intercultural communication. World Englishes 24: 523-532.

Leu, D. et al. (2013), “New Literacies: A dual-level theory of the changing nature of literacy instruction and assessment”, in Alvermann, D., Norman J. Unrau and R. Ruddell (eds.), Theoretical Models and Processes of Reading, International Reading Association, Newark.

Leu, D. et al. (2015), “The new literacies of online research and comprehension: Rethinking the reading achievement gap”, Reading Research Quarterly, Vol. 50/1, pp. 37–59, https://doi.org/10.1002/rrq.85.

Lickona, T. (1991), Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Lightbown, P. M., & Spada, N. (2013). How Languages are Learned. Oxford University Press.

Lin, C. Y. & Chen, H. H. (2023). Elementary teachers' beliefs and practices pertaining to freedom of learning curriculum reform policy: A qualitative study. International Journal of Education and Practice, 11(2), 166-179.

Losi, R. V. & Nasution, M. M. (2022). Students’ attitudes toward communicative language teaching (CLT) in English speaking intensive program. IJEAL, 2(1), 95-102.

Mansur, H., & Utama, A H. (2021). The Evaluation of Appropriate Selection Learning Media at Junior High School. https://doi.org/10.32585/ijimm.v3i1.1401

Marsuidi & Siti, Z. (2015). Keiseitiaan Beirbahasa Indoneisia dipeirtanyakan di eira globalisasi. Sosial Huimaniora 8: 95-105.

Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (Eds.). (2006). The new taxonomy of educational objectives. Corwin Press.

Masyhud, M. Sulthon, and M. Khusnurridlo (2005). Manajemen pondok pesantren. Diva Pustaka

May, B. (2024, January 1). The Indonesian Tragedy. Taylor & Francis. http://books.google.ie/books?id=veznEAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=Sejarah+pendidikan+bahasa+yang+didominasi+oleh+penjajah+Belanda+telah+meninggalkan+bekas+yang+cukup+signifikan+dalam+pembentukan+identitas+bahasa+dan+budaya+di+Indonesia.&hl=&cd=1&source=gbs_api

Michelle Bauml (2016) One size never fits all: Teachers’ responses to standardized curriculum materials and implications for early childhood teacher educators, Journal of Early Childhood Teacher Education, 37:1, 76-95, DOI: 10.1080/10901027.2015.1133461. http://dx.doi.org/10.1080/10901027.2015.1133461

Milania, T., Wachyudi, K., & Mobit, M. (2022). Vocational High School Students’ Challenges in Practicing English Speaking Skills. https://doi.org/10.32505/jades.v3i2.5009

Mislawiyadi. (2023). Using a communicative approach to teaching speaking skills at Ibrahimy University. Jurnal Multidisiplin Ibrahimy, 1(1), 36-52.

MoE. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016b tentang Standar Proses Pendidikan. Ministry of Education.

Moulita. (2018). Hambatan Komunikasi Antarbudaya di kalangan Mahasiswa. Jurnal Interaksi, 2(1), 33–46. Diambil dari https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/interaksi/article/view/1786

Muirti, S. (2015) EIksisteinsi peingguinaan Bahasa Indoneisia di eira globalisasi. Prosiding seiminar builan Bahasa. UIniveirsitas Beingkuilui.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munadlir. (2016). Strategi sekolah dalam pendidikan multikultural. https://www.neliti.com/publications/71532/strategi-sekolah-dalam-pendidikan-multikultural

Murti, S. (2015) Eksistensi penggunaan Bahasa Indonesia di era globalisasi. Prosiding seminar bulan Bahasa. Universitas Bengkulu.

Nafi', M. Zidni, Nafi`. M. (2015) "Praksis Pembelajaran Pesantren." KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman 21.1 (2015): 198-221.

Nasarudin. (2023). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab (Implementasi dalam Mencapai Mutu) https://www.researchgate.net/publication

Nashir, H. (2021). Islamophobia di Negeri Muslim. Diambil dari https://s3pi.umy.ac.id/islamofobia-di-negeri-muslim/

Nasrullah, B., Fatima, G., & Nayab, D E. (2021). Strategies Used by Public Primary School Teachers for Enhancing Students’ Curiosity in Science. Journal of accounting and finance in emerging economies, 7(1), 93-101. https://doi.org/10.26710/jafee.v7i1.1568

Nasution, S. (2016). Ahdāfu Ta’līm al-Lugah Arabiyyah li Gairi an-Nāṭiqīn bihā. Jurnal Tarbiyah, 23(2). Diambil dari https://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah/article/view/230

Nation, I. S. P., & Macalister, J. (2010). Language Curriculum Design. Routledge.

Nggawu, L. O. & Thao, N. T. P. (2023). The impact of communicative language teaching (CLT) approach on students’ speaking ability in a public Indonesian university: Comparison between introverts and extrovert groups. International Journal of Language Education, 7(3), 393-413.

Ni’am, Ahmad Miftahun (2022) “Urgensi Transformasi Kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah di Indonesia: Menelisik Historisitas dan Perkembangannya dari Masa ke Masa”, Jurnal REVORMA, Vol.2, No. 2, Bulan April Tahun 2022

Nisak, Mumtazatin dan Muhammad Muqorrobin (2019).” Pembelajaran Bahasa Arab Perspektif Kurikulum 2004 / KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi)” 2019. INTAJUNA: Jurnal Hasil Penelitian Studi Kepustakaan, Penilaian, Penerapan Teori Dan Kajian Analisis Di Bidang Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2 No. 2 Januari–Mei 2019, Pasuruan: Al-yasini.

Noor, M.2020. Guru Profesional dan Berkualitas. Alprin : Semarang.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka for learning crisis recovery. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251-262.

Nugroho, R. (2014). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap tingkat inferioritas siswa kelas 7a, SMPN 2 Sragen. Skripsi.

Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology: A Textbook for Teachers. Prentice Hall.

Nur, S., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2023). Revolusi Buku Ajar Bermuatan Teks Multimodal Terintegrasi Media: Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 377-396.

Nur, T. (2014). Sumbangan Bahasa Arab Terhadap Bahasa Indonesia dalam Perspektif Pengembangan Bahasa dan Budaya. Humaniora, 26(2), 235–243. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22146/jh.5245

Nurhaki, R. (2013). Code switching and viewers attitude towards interviews with President Susilo Bambang Yudhoyono. Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhidayah, R. (2020). The Role of Motivation in Second Language Acquisition. http://journal.stbapontianak.ac.id/index.php/spectral/article/viewFile/59/pdf

Nursyahbandi, N. dan Dehghanitafti, N. (2023). Developing Task-Based Learning Materials to Improve Students’ Vocabulary Mastery Viewed from Linguistic Awareness. JOLLS: Journal of Language and Literature Studies. Website: https://journal-center.litpam.com/index.php/jolls/ index. pp. 37-52. May 2023 Vol. 3, No. 1. e-ISSN: 2808-1099. DOI: https://doi.org/10.36312/jolls.v3i1.1088.

OECD (2013), PISA 2015 Draft Frameworks, OECD, Paris. http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa2015draftframeworks.htm.

OECD, ADB. (2015). Education in Indonesia: Rising to the challenge. Paris: OECD Publishing.

Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1), 77–88. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v2i1.5452

Pantu, A. (2014). Pengaruh Bahasa Arab Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 15(1), 97–114. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/ua.v14i3.3154

Pastika, I. W. (2012). Peingaruih Bahasa asing teirhadap Bahasa Indoneisia dan Bahasa daeirah: peiluiang ataui ancaman?. Kajian Bali, 2:161-164.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Pasal 1 ayat 1

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Pertiwi, S. A., & Yuwana, R. Y. (2023). Basic Grammar for Indonesian Learners. PT Akselerasi Karya Mandiri, 104.

Piaget, J. (1962). Play, Dreams and Imitation in Childhood. W. W. Norton & Company.

Piaget, J. (1983). Piaget theory of cognitive development. New York:

Poedjiastutie, D., Akhyar, F., Hidayati, D., & Gasmi, F N. (2018). Does Curriculum Help Students to Develop Their English Competence? A Case in Indonesia. Arab World English Journal, 9(2), 175-185. https://doi.org/10.24093/awej/vol9no2.12

Pratiwi, W R. (2023). Indonesian Students’ Growth Perception of an English Immersion Program. English Franca: Academic journal of English language and education, 7(1), 57-57. https://doi.org/10.29240/ef.v7i1.6594

Rafii, M. (2021). Using Communicative Language Teaching to Develop Speaking Skill: Problems, Instructional Materials, and Implications. Journal of Tompotika: Social, Economics, and Education Science, 2(4), 65–76.

Rafkahanun, R., & Sofyan, A. N. (2021). Analisis Nama Diri Orang BerBahasa Arab Di Indonesia: Kajian Morfo-Semantik. Mabasan, 15(1), 79–94. https://doi.org/https://doi.org/10.62107/mab.v15i1.429

Rahardi, K. (2014). Bahasa ‘Indoglish’ dan “Jawaneisia dan dampaknya bagi peirmartabatan Bahasa Indoneisia. Kajian linguiistic dan sastra. 26, 1-21.

Rahmawati, Y. (2019). Teachers’ voices on the challenges of the implementation of communicative approach in regards to the 2023 curriculum. Indonesia Journal of English Education, 6(1), 65-78.

Reza, F., Rohman, Z., & Abdullah, N. N. (2023). Challenges in implementing Kurikulum Merdeka for EFL teachers. Journal of English Education and Linguistics Studies, 10(2), 439-469.

Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2001). Approaches and Methods in Language Teaching. Edisi ke-2. Penerbit: Cambridge University Press.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge University Press.

Rijnan & Irwan. (2020). A descriptive study on the use of Communicative Language Teaching (CLT) for teaching speaking at SMAN 1 Praya. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(1), 587–601.

Ritonga, M. (2018). Politics and policy dynamics of changing the education curriculum in Indonesia until the reformation period. Bina Gogik, 5(2), 1-15.

Rixon, S. (2005). How to Use Games in Language Teaching. Cambridge University Press.

Romli, H. K. (2015). Akulturasi dan Asimilasi dalam Konteks Interaksi Antar Etnik. Jurnal Ijtima’iyya, 8(1), 1–13. Diambil dari http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/ijtimaiyya/article/view/859/738

Roni, R. (2008). An analysis of Indonesian-English code mixing used in song lyrics of project pop. Universitas Surakarta, Indonesia.

Rosa, Nikita. (2022, September 26). Bahasa Inggris tak masuk muatan wajib di RUU Sisdiknas, tuai respons. https://www.detik.com/edu/sekolah/d-6312706/bahasa-inggris-tak-masuk-muatan-wajib-di-ruu-sisdiknas-tuai-respons.

Rosyidi, Abdul Wahab (2012). Menengok Kembali Kurikulum Bahasa Arab Dan Pembelajarannya. UIN Malang: http://repository.uin-malang.ac.id/2315/7/2315.pdf

Rouet, J. (2006), The Skills of Document Use: From Text Comprehension to Web-based Learning, Lawrence Erlbaum Associates, Mahwah, NJ.

Ruswatie, A., Asrori, I., & Sholeh, S. (2021). Istiratijiyyatu Takwin al-Bi’ah Li Da’mi Iktisabi al-Maharat al-Lughawiyyah fi al-Ma’ahid al-Islamiyyah fi Jawa al-Wustha. Lisanudhad: Jurnal Bahasa, Pembelajaran, dan Sastra Arab, 08(02), 1–35. Diambil dari https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/lisanu/article/view/6666

S, F. (2021). Perkembangan dan Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 7(2), 62–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ihya.v7i2.15193

Sabrina, A. (2020). The implementation of communicative language teaching in English practice. Notion: Journal of Linguistics, Literature, and Culture, 2(1), 17–27.

Saddhono, K. (2012). Kajian Sosiolinguistik pemakaian Bahasa mahasiswa asing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) di UNS. Kajian Linguistk

Saddhono, K. (2017). Bahasa dan etika dalam sosial media: kajian linguistic di perguruan tinggi Indonesia. Prosiding konfrensi nasional bahasa dan sastra.

Sadiq, L. (2006). Ta`ṡīr al-Lugah al-‘Arabiyyah fī Gairihā min al-Lugāt. Majallah Hauliyyat at-Turas.

Saharani, A A. (2023). EFL Students’ Intercultural Awareness in Multicultural Classroom: A Narrative Inquiry. https://doi.org/10.30762/ireell.v1i1.1125

Sakkir, G., Rukmana, N S., Muslim, A B., Andrew, M., & Muhayyang, M. (2023). The Challenges faced by Students in Learning English (Post-Pandemic Era). https://doi.org/10.26858/interference.v4i1.43966

Saleh, M. (2020). Merdeka belajar di tengah pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1(1), 51-56.

Salim, L. (2017). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Bahasa Arab. Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 3(1), 77–90. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/diwan.v3i1.2928

Santosa, I. (2014) Peimbeilajaran Bahasa asing di Indoeinsia: antara globalisasi dan heigeimoni. Bahasa dan sastra, 14: 1-11.

Santoso, I. (2014). Pembelajaran Bahasa Asing di Indonesia: antara Globalisasi dan Hegemoni. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1), 1–11. Diambil dari https://ejournal.upi.edu/index.php/BS_JPBSP/article/view/696

Sapitri, L. (2022). Studi literatur terhadap kurikulum yang berlaku di Indonesia saat pandemi COVID-19. Inovasi Kurikulum, 19(2), 227-238.

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. Insancita, 5(1), 73–88. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/incita-jisisea.v5i1.1332

Septian, R. N. & Dewi, D. A. (2021). Revitalisasi nilai luhur Pancasila sebagai resonansi kebangsaan di tengah derasnya arus globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology, and Counseling, 3(1), 10-20.

Sewandono, R. E., Thoyib, A., Hadiwidjojo, D., & Rofiq, A. (2023). Performance expectancy of E-learning on higher institutions of education under uncertain conditions: Indonesia context, Education and Information Technologies, 28(4), 4041-4068.

Shalihin, R., Fitrotin, B., & Wantini, W. (2019). The implementation of qauniyah verses based on unification curriculum in SMA Trensains. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 7-77.

Skinner, B. F. (1957). Verbal Behavior. Copley Publishing Group.

Soboleiva, S. (2015). Global languiagei: neiw opportuinitieis or infeiriority compleix. UIS-China foreiign languiagei, 13: 85-91.

Spiro, R. et al. (eds.) (2015), Reading at a Crossroads? Disjunctures and Continuities in Current Conceptions and Practices, Routledge, New York.

Sudarmika, D. (2020). Memahami Perbedaan Komunikasi Antarbudaya di Lingkungan Tempat Kerja. Jurnal Oratio Directa, 2(2). Diambil dari https://www.ejurnal.ubk.ac.id/index.php/oratio/article/view/115

Suhardi, D. (2012). Peran SMP berbasis pesantren sebagai upaya penanaman pendidikan karakter kepada generasi bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(3).

Sukardi, M. I., & Yuwana, R. Y. (2017). Iklan dan Film sebagai Solusi Penunjang Penanaman Minat Membaca Usia Dini.

Suroiyah, E. N., & Zakiyah, D. A. (2021). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60–69. https://doi.org/https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Suyanto. (2010). Pengantar Pendidikan Bahasa. Pustaka Pelajar.

Talohanas, S. A. R., & Yuwana, R. Y. (2023). Semantic Analysis: Lexical Relations in Katy Perry’s Song Lyrics. Acceleration: Multidisciplinary Research Journal, 1(04), 192–199.

Thua'imah, Rusydi Ahmad. (1989). Al-Marja' fi Ta'lim al-Lughah al-'Arabiyyah li al-Nathiqin bi Lughat Ukhra. Jeddah: Dar al-'Alam al-Kutub

Tsuroyya, Elfa (2017). Manajemen Kurikulum Pesantren Berbasis Madrasah di MAN 3 Sleman Yogyakarta Elfa Tsuroyya Madrasah Aliyah Negeri 3 Sleman, Yogyakarta dalam Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 2, November 2017/1439

Tuwar, A., & Yuwana, R. Y. (2023). Conversational Implicature in The Subject Group Between Lecturers and English Education Department Students Batch 2020 at Musamus University. Acceleration: Multidisciplinary Research Journal, 1(04), 168–175.

Umar, A. M. at-T. (2010). Manzilatu al-Lugah al-’Arabiyyah baina al-Lugāt al Mu’āsirah (Dirasah Taqabuliyyah). Universitas Islam Ummu Durman, Sudan.

Wahab, Muhbib Abdul. (2016). Standarisasi Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 3, (1), 2016, 32-51

Wahyuningsih, S E., Afandi, M., Kasriyati, D., & Kasriyati, D. (2023). Barriers to Teaching English to Non-Native English- Speaking Teachers in Indonesian Secondary Schools: Policy Recommendations. https://doi.org/10.12973/eu-jer.12.4.1617

Wardana, I. K., Astuti, P. S., & Sukanadi, N. L. (2020). Sikap belajar dan kemahiran Bahasa Inggris karyawan Mexicola melalui Pelatihan Berbasis Pelibatan Terpadu [Mexicola employees’ learning attitudes and English proficiency through Integrated Engagement-based Training]. Jurnal Bakti Saraswati: Media Publikasi Penelitian dan Penerapan Ipteks, 9(1), 78–102.

Wardaugh, R. (1992). An introduction to sociolinguistic (2nd ed). Oxford: Blackwell Publisher.

Warschauer, M., & Kern, R. (2000). Network-Based Language Teaching: Concepts and Practice. Cambridge University Press.

Wilson, L. O. (2016). Anderson and Krathwohl–Bloom’s taxonomy revised. Understanding the new version of Bloom's taxonomy.

Winkel, W. S. (1989). Psikologi pengajaran. Gramedia.

Yalden, J. (1983). Principles of Course Design for Language Teaching. Cambridge University Press.

Yusuf, as-S. al-‘Arabi. (2014). Ahdāfu Ta’līm al-Lugah al-‘Arabiyyah Kalugatin Ṡāniyah (li an- Nāṭiqīn Bigairihā). Majallah Kulliyyatil Adab Jami’atu Port Said, 3, 51–66. Diambil dari https://www.alukah.net/books/files/book_12346/bookfile/langugearbic.pdf

Yuwana, R. Y. (2023). The Strategy of Implied Meaning for Creating Romantic Moments Based on Yes Man Movie. Acceleration: Multidisciplinary Research Journal, 1(01), 24-40.

Yuwana, R. Y., Betaubun, M., & Leba, S. M. R. (2023). Teori Alih Bahasa. PT Akselerasi Karya Mandiri (Penerbit), 1-120.

Yuwana, R. Y., Ningrum, S. T., Pertiwi, S. A., Wakerkwa, D. A. P., Indriyani, N., Jakob, J. C., Khasanah, I., Angelianawati, D., Cahyaningrum, I. O., Hidayah, A., Awaluddin, A. F., Hidayat, T. N., Uspayanti, R., & Lestari, S. (2024). Integrasi Bahasa dalam Dunia Pendidikan. PT Akselerasi Karya Mandiri.

Yuwana, R. Y., & Pertiwi, S. A. (2022). THE PERSPECTIVE OF LANGUAGE CULTURE IN THE DOMINATION OF THE THEME OF THE NATIONAL SONG" BAGIMU NEGERI". Journal Sampurasun: Interdisciplinary Studies for Cultural Heritage, 8(2), 91-103.

Yuwana, R. Y., Santosa, R., & Sumarlam, S. (2019). Flexibility of Language Experience in Indonesian Humor Culture (Systemic Functional Grammar). Lingua: Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 115-124.

Zainuri, M. (2019). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Tarling: Journal of Language Education, 2(2), 231–248. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/tarling.v2i2.2926

Zakaria & Royani, R. (2017). The effect of CLT method on students’ speaking skill at the second grade of MTSN 1 Kolaka. Journal of Education, Teaching and Learning, 2(2), 244-248.

Zamakhsyari, Dhofier. 2011. Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. LP3ES.

Zein, M. (2012). Evaluasi pembelajaran bahasa. Pekanbaru: Daulat Riau

Diterbitkan

2024-06-02

Cara Mengutip

Yuwana, R. Y., Pratiwi, Y., Prasakti, A. W., Leba, S. M. R., Adi, P., Sidupa, C., … Nurhidayati, N. (2024). Trilogi Pendidikan Bahasa Populer di Indonesia (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab). PT Akselerasi Karya Mandiri, 1(1). Diambil dari https://e-publisher.my.id/index.php/ptakm/article/view/64