Psikolinguistik: Memahami Proses Bahasa dalam Pikiran Manusia
Kata Kunci:
Psikolinguistik, LinguistikAbstrak
Buku Psikolinguistik: Memahami Proses Bahasa dalam Pikiran Manusia mengajak pembaca menelusuri bagaimana bahasa diproses, dipahami, dan diproduksi dalam sistem kognitif manusia. Melalui pendekatan interdisipliner antara linguistik dan psikologi, buku ini mengungkap berbagai mekanisme mental dan linguistik. Buku ini disusun secara sistematis dan berbasis penelitian mutakhir, buku ini memberikan fondasi teoritis sekaligus penerapan praktis dalam bidang pendidikan, dan teknologi bahasa. Lebih dari sekadar wacana ilmiah, buku ini menyajikan beragam kasus kehidupan sehari-hari dan kontekstual yang menjadikan psikolinguistik mudah dipahami dan relevan dengan kebutuhan masa kini. Buku ini ditujukan bagi mahasiswa, pendidik, peneliti, dan siapa saja yang ingin memahami bahwa bahasa bukan hanya soal komunikasi, melainkan juga jendela menuju pikiran manusia.
Referensi
Aitchison, J. (2003). The Articulate Mammal: An Introduction to Psycholinguistics (4th ed.). Routledge.
American Psychological Association. (n.d.). APA Style. https://www.apastyle.org/
Anderson, R. C. (1984). Role of the Reader’s Schema in Comprehension, Learning, and Memory. In R. C. Anderson, J. Osborn & R. Tierney (Eds.), Learning to Read in American Schools.
Bishop, D. V. M. (2014). Ten questions about terminology for children with unexplained language problems. International Journal of Language & Communication Disorders, 49(4), 381–415.
Bloom, L. (1998). Language acquisition in its developmental context. Dalam D. Kuhn & R. S. Siegler (Eds.), Handbook of child psychology: Vol. 2. Cognition, perception, and language (hlm. 3-370). John Wiley & Sons.
Brown, H. D. (2000). Principles of Language Learning and Teaching (4th ed.). Longman.
Carroll, D. W. (2008). Psychology of Language (5th ed.). Cengage Learning.
Chomsky, N. (1965). Aspects of the theory of syntax. MIT Press.
Field, J. (2003). Psycholinguistics: A Resource Book for Students. Routledge.
Gee, J. P. (1999). An Introduction to Discourse Analysis: Theory and Method. Routledge.
Genesee, F. (2006). Bilingual First Language Acquisition: Evidence from French-English Children. Cambridge University Press.
Harley, T. A. (2014). The Psychology of Language: From Data to Theory (4th ed.). Psychology Press.
Hoff, E. (2013). Language development: An introduction to research, theory, and practice. Pearson Education.
Journal of Child Language. (n.d.). Cambridge University Press.
Journal of Psycholinguistic Research. (n.d.). Springer.
Language Acquisition. (n.d.). Taylor & Francis.
Language and Cognitive Processes. (n.d.). Taylor & Francis.
Leba, S. M. R., & Yuwana, R. Y. (2025). Morfologi: Seni Membedah Kata. PT Akselerasi Karya Mandiri, 133-133.
Levelt, W. J. M. (1989). Speaking: From intention to articulation. MIT Press.
National Institute on Deafness and Other Communication Disorders. (n.d.). NIDCD Home. https://www.nidcd.nih.gov/
Pinker, S. (1994). The language instinct. William Morrow Paperbacks.
Tomasello, M. (2003). Constructing a Language: A Usage-Based Theory of Language Acquisition. Harvard University Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Yuwana, R. Y., & Angelianawati, D. (2024). Kecerdasan Budaya Berbahasa Indonesia: Penemaan Humor Bahasa. PT Akselerasi Karya Mandiri, 71-halaman.
Yuwana, R. Y., Ningrum, S. T., Pertiwi, S. A., Wakerkwa, D. A. P., Indriyani, N., Jakob, J. C., ... & Lestari, S. (2024). Integrasi Bahasa dalam Dunia Pendidikan. PT Akselerasi Karya Mandiri, 240-240.
Yuwana, R. Y., Ningrum, S. T., Pertiwi, S. A., Wakerkwa, D. A. P., Indriyani, N., Jakob, J. C., ... & Lestari, S. (2024). Integrasi Bahasa dalam Dunia Pendidikan. PT Akselerasi Karya Mandiri, 240-240.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Rawuh Yuda Yuwana

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.