Strategi Pemasaran Hasil Olahan Ikan

Penulis

  • Trinovianto George Reinhard Hallatu Universitas Musamus Merauke
  • Ivylentine Datu Palittin Universitas Musamus Merauke
  • Ni Nyoman Rediani Universitas Musamus Merauke
  • Yus Witdarko Universitas Musamus Merauke
  • Sunarni Sunarni Universitas Musamus Merauke
  • Hanova Rani Eka Retnaningtyas Universitas Musamus Merauke
  • Herrio Tekdi Nainggolan Universitas Musamus Merauke
  • Yusri Yusri Universitas Musamus Merauke

Kata Kunci:

Strategi Pemasaran, Pemasaran Hasil Olahan, Hasil Olahan Ikan

Abstrak

Strategi Pemasaran Hasil Olahan Ikan adalah pemahaman praktis yang membahas strategi dan langkah-langkah efektif untuk memasarkan produk hasil olahan ikan, baik di pasar lokal maupun global. Buku ini dirancang untuk membantu pelaku usaha, khususnya pengolah ikan, memahami proses pemasaran secara menyeluruh, mulai dari pengemasan, branding, hingga distribusi yang tepat sasaran. Dengan bahasa yang mudah dipahami, buku ini juga mengupas pentingnya menjaga kualitas produk, memahami preferensi konsumen, serta memanfaatkan teknologi digital dan media sosial sebagai alat pemasaran modern. Selain itu, buku ini memberikan tips menghadapi persaingan pasar dan menjangkau pasar ekspor melalui strategi promosi yang inovatif. Dilengkapi dengan studi kasus dan contoh nyata, buku ini menjadi sumber informasi berharga bagi siapa saja yang ingin meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk hasil olahan ikan.

Referensi

Asfar, M., Tawali, A.B., & Mahendradatta, M. (2014). Potensi Ikan Gabus (Channa striata) Sebagai Sumber Makanan Kesehatan (Review). Dalam Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri II ATIM. pp. 150-154.

Hankins, J. (2006). The Role of Albumin in Fluid and Electrolyte Balance. Journal of Infusion Nursing, Vol. 29, No.5, pp 260-265.

Hidayati, D., Abdulgani, N., Ashuri, N. M., Sa’adah, N. N., & Lukitasari, M. (2017, June). The influence of snakehead (Channa striata) fish extract to increase hyperglycemic mice fertility based on spermatogenic cell composition. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1854, No. 1). AIP Publishing.

Irine I. Praptiwi, Wahida. (2021) Kualitas tepung ikan di pesisir Pantai kabupaten Merauke sebagai bahan pakan. Jurnal Ilmu Peternakan dan Veteriner Tropis, hal 157-164

Kementrian Pertanian. (2022). Modul Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Pertanian Volume 4 “Wirausaha Pertanian”. Jakarta: Kementrian Pertanian.

Milla, M. A. P., Taryono, T., & Desweni, S. P. (2023). Peran Badan Usaha Milik Kampung (Bumkam) Dalam Mendukung Pembangunan Desa Di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Journal of Social and Policy Issues, 4, 176–182. https://doi.org/10.58835/jspi.v3i4.225

Nasution, K. (2021). Analisis Pemasaran Kelapa Sawit Di Desa Sampean Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan Provinsi Sumatera Utara. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 10(1), 234–244.

Rondeau, P., & Bourdon, E. (2011). The Glycation of Albumin: Structural and Functional Impacts. Biochimie, Vol. 93, No. 4, pp. 645-658.

Sarwanto, C., Wiyono, E. S., Nurani, T. W., & Haluan, J. (2014). Study of Marketing System of Catch Fisheries in Gunungkidul District, Yogyakarta Province. Jurnal Sosek KP, 9(2), 207–217.

Shafri, M., & Manan, A. (2012). Therapeutic Potential of the Haruan (Channa striatus): From Food to Medicine Uses. Malaysian Journal of Nutrition, Vol. 18, No. 1, pp. 125-136.

Sunarni, Modesta R. Maturbongs. (2018). Komposisi dan Kelimpahan Jenis Ikan di Pesisir Pantai Payumb Kota Merauke. Jurnal Akuakultur, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Vol.2. No.1

Winarto, V., & Sugianto, E. (2018). Modul Sekolah Lapang Pengelolaan Lebah Madu – Analisa Usaha dan Pemasaran Produk Lebah Madu. Jakarta: Artha Birawa Wisesa.

Yudityawati, D. K., & Fitriyah, H. (2022). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Islam. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 42–48. https://doi.org/10.32528/jmbi.v8i1.7429

Diterbitkan

2024-12-15

Cara Mengutip

Hallatu, T. G. R., Palittin, I. D., Rediani, N. N., Witdarko, Y., Sunarni, S., Retnaningtyas, H. R. E., … Yusri, Y. (2024). Strategi Pemasaran Hasil Olahan Ikan. PT Akselerasi Karya Mandiri, 1–68. Diambil dari https://e-publisher.my.id/index.php/ptakm/article/view/107