JEJAK TRADISI MALIND: PERMAINAN RAKYAT MALIND SEBAGAI UPAYA PEMELIHARAAN BUDAYA
Kata Kunci:
Jejak Tradisi Malind, Permainan Rakyat Malind, Pemeliharaan BudayaAbstrak
Buku Jejak Tradisi Malind: Permainan Rakyat Malind sebagai Upaya Pemeliharaan Budaya mengungkapkan kekayaan budaya masyarakat Malind di Merauke melalui eksplorasi permainan rakyat sebagai medium pelestarian tradisi. Permainan rakyat Malind bukan sekadar hiburan, melainkan juga sarana pembelajaran yang menyampaikan nilai-nilai luhur, kearifan lokal, dan identitas budaya kepada generasi muda. Buku ini memadukan kajian etnografi dengan analisis budaya, mendokumentasikan berbagai jenis permainan tradisional yang mengandung filosofi kehidupan, seperti kebersamaan, ketahanan, dan hubungan harmonis dengan alam. Dengan pendekatan yang akademis dan narasi yang menggugah, buku ini juga menyoroti tantangan modernisasi yang mengancam eksistensi tradisi ini, sekaligus menawarkan strategi inovatif untuk revitalisasi permainan rakyat dalam konteks pendidikan formal dan informal. Buku ini menjadi panduan penting bagi peneliti, pendidik, dan masyarakat umum yang ingin memahami dan melestarikan warisan budaya Malind sebagai bagian dari identitas nasional.
Referensi
Aini, F. N., & Sari, A. D. I. (2024). Implementasi Etnomatematika Dalam Permainan Engklek Materi Geometri Di Sekolah Dasar. ALENA – Journal of Elementary Education Vol., 2(2), 127–135. https://doi.org/10.59638/jee.v2i2.153
Ardiyanto, A. (2019). Permainan Tradisional Sebagai Wujud Penanaman Nilai Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan Di Era Digital” ISSN:, 4, 173–176.
Chatarina, F., Kencanawaty, G., & Irawan, A. (2019). Etnomatematika Permainan Kelereng. MaPan, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a3
Handoko, D., & Gumantan, A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu. Journal Of Physical Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.951
Latif, A., & Agustan, A. (2017). Karakteristik Geospasial Sebagai Dasar Perencanaan Untuk Memperkuat Ketahanan Perbatasan NKRI (Studi Kasus; Perencanaan Kota Perbatasan Distrik Sota-PNG, Merauke, Provinsi Papua). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(3), 263. https://doi.org/10.22146/jkn.29205
Lubis, S. E. F. (2023). Permainan Tradisional Marampera Dalam Pembentukan Karakter Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), 65–70. https://doi.org/10.47709/geci.v1i2.3159
Mudzakir, D. O. (2020). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. Jurnal Maenpo:Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(1), 44–49.
Nahak, H. M. . (2019). Upaya Melestarikan Budaya Indonesia Di Era Globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76
Permadi, A., Nur’aeni L, E., & Nur, L. (2021). Pelestarian Permainan Tradisional melalui Model Pembelajaran SPADE. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 83–90. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32742
Prasetio, P. A., & Praramdana, G. K. (2020). Gobak Sodor Dan Bentengan Sebagai Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Berbasis Karakter Pada Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 19–28. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2858
Rohayati, R., & Budiarti, E. (2022). Menumbuhkan Literasi Membaca Awal Melalui Permainan Tradisional Engklek Di TK Nurul Aulia Depok. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1715. https://doi.org/10.37905/aksara.8.3.1715-1724.2022
Saepudin, A., Rachmawati, I., & Fauzan. (2014). Model Pengembangan Border Tourism Bagi Kawasan Perbatasan Studi Kasus: Sota, Merauke, Papua. Buletin Ekonomi -Jurnal Manajemen, Akuntansi Dan Ekonomi Pembangunan, 12(2), 125–144.
Sormin, S. A., Fredy, & Tembang, Y. (2021). Menakar Kearifan Lokal Suku Malind Sebagai Model. Jurnal Education and Development, 9(4), 565–569. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3159%0Ahttps://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3159/2096
Supriyadi, S., & Nurvitasari, E. (2019). Inventarisasi Sains Asli Suku Malind: Upaya Dalam Pengembangan Kurikulum Ipa Kontekstual Papua Berbasis Etnosains. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(1), 10–20. https://doi.org/10.23971/eds.v7i1.1081
Triwardani, R., & Rochayanti, C. (2014). Implementasi Kebijakan Desa Budaya Dalam Upaya Pelestarian Budaya Lokal. Reformasi, 4(2), 102–110. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/reformasi/article/view/56/53
Wardani, I. K. (2022). Pengaruh Permainan Olahraga Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Penjas Di Sekolah Dasar. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(2), 2477–2480. https://doi.org/10.58258/jisip.v6i2.3151
Yuwana, R. Y. (2024). Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Melalui Pendekatan Kreatif: Implementasi Program Kampus Mengajar di Distrik Okaba. Akselerasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 158-164.

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Trinovianto George Reinhard Hallatu, Ni Nyoman Rediani, Ivylentine Datu Palittin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.